Lorenzo Minta Motor Balapnya Diubah

Kompas.com - 02/06/2019, 13:02 WIB
Jorge Lorenzo nilai Honda RCV tidak ramah pebalap.motogp.com Jorge Lorenzo nilai Honda RCV tidak ramah pebalap.

MUGELLO, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo mengaku bisa membuat Honda RC213V menjadi lebih ramah dengan pebalap. Selama ini, pengembangan RCV memang diserahkan kepada Marc Marquez. Namun, beberapa pebalap Honda yakin hasilnya malah membuat motor tersebut hanya bisa ditaklukkan oleh Marquez.

Lorenzo menggantikan Dani Pedrosa yang juga kesulitan menjinakkan RCV. Di sisi lain, Marquez yang sudah mendapat lima gelar juara dunia dalam enam tahun belakangan ini dapat terus mengendarai RCV tanpa terlihat begitu kesulitan.

Begitu pula saat di GP Mugello tahun ini, Marquez berhasil raih pole position, sementara Lorenzo hanya sanggup start dari urutan ke-17. Pebalap dengan nomor start 99 ini mengatakan dengan pengalamannya bisa membuat Honda jadi lebih ramah dengan pebalap, seperti yang dilakukannya pada Ducati.

Baca juga: Lorenzo Akui Honda Lebih Sulit Dibanding Ducati

"Saya yakin, saya sudah melakukan ini pada merek lain, bahwa saya adalah pebalap yang sensitif, banyak pengalaman, jika saya bisa meningkatkan feeling pada motor ini dan membuatnya lebih mudah dikendarai, tentu akan memberi keuntungan juga pada kecepatannya dan kenyamanan dari pebalap lain," ungkap Lorenzo, kepada Motorsport.com.

"Bahkan untuk Marc juga, jika kami bisa membuat motor ini lebih halus saat akselerasi, berhenti lebih baik saat masuk tikungan, Marc juga bisa lebih kencang. Tentu saja Marc sudah menang lima gelar selama enam tahun ini, mereka tidak akan melakukan perubahan banyak. Honda terus menang dengan Marc," tambah Lorenzo.

Lorenzo yakin, Honda ingin membuat motornya sangat kompetitif, setidaknya finis urutan pertama dan kedua. Namun, pebalap asal Spanyol ini menyangkal jika akan menyamakan pengembangan Honda dengan Ducati, karena kedua motor tersebut sangat berbeda.

Baca juga: Honda Sebut Lorenzo Tak Sesuai Harapan

"Kami harus bersabar, terus bekerja, terus termotivasi, dan berpikir positif. Dengan bertambahnya jam terbang, saya yakin akan lebih baik dengan moto ini. Tapi perbedaan akan terlihat jika keinginan saya dikabulkan," kata Lorenzo.

Sekarang, Lorenzo mengaku hanya akan membalap sebaik mungkin. Meskipun, hasil yang diinginkannya masih seperti beberapa seri belakangan ini.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X