Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Lagi Ertiga Akan Dijual dengan Logo Toyota

Kompas.com - 23/03/2019, 07:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motor1.com

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah resmi mendeklarasikan kerja sama pada 6 Februari 2017, kini jalinan Toyota dan Suzuki ternyata makin kental. Kondisi ini dibuktikan dengan rencana memperluas kemitraan dalam hal berbagi teknologi.

Direncanakan Toyota akan memberikan Suzuki India teknologi hibrida untuk membangun produk secara global. Bahkan Toyota juga siap memberikan dua kendaaraan listrik untuk dipasarkan oleh Suzuki di Eropa, yakni Corola Wagon dan RAV4.

Sementara sebagai imbalan, mengutip dari Motor1.com, Suzuki siap memasok dua produk andalannya untuk dipasarkan menggunakan logo Toyota alias rebadge untuk dipasarkan di India. Kendaraan yang dimaksud adalah Ciaz dan Ertiga.

Baca juga: Simak Ubahan Suzuki Ertiga Sport [VIDEO]

Toyota juga akan menerima mesin Suzuki untuk kategori mobil kompak untuk diproduksi di pabrik di Polandia. Selain di India, Ertiga dan Ciaz berlambang Toyota juga bakal dipasarkan di Afrika, termasuk untuk Vitara Brezza, dan Baleno.

"Dengan perjanjian baru, kami menantikan penggunaan teknologi hibrida yang lebih luas, tidak hanya India dan Eropa, tetapi seluruh dunia," ucap Presiden Toyota Akio Toyoda.

Suzuki All New Ertiga Sport resmi meluncur Jumat (22/3/2019)Kompas.com/Setyo Adi Suzuki All New Ertiga Sport resmi meluncur Jumat (22/3/2019)
Bahkan ada wacana bila kedua perusahaan Jepang ini akan berkolaborasi untuk membuat produk baru di segmen MPV. Modelnya akan dikembangkan secara eksklusif yang nantinya hanya dipasarkan di India.

Lebih lanjut Toyoda menjelaskan, perluasan kemitraan bisnis dengan Suzuki tidak akan menghentikan keduanya untuk tetap bersaing di pasar otomotif global.

"Pada saat yang sama, kami percaya perluasan kemitraan dengan Suzuki, dengan saling memasok kendaraan dan powertrains ke domain pengembangan dan produksi, akan membantu memberikan kami keunggulan kompetitif yang diperlukan untuk bertahan dalam periode transformasi mendalam ke abad XXI," kata Toyota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Motor1.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com