Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2019, 13:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - All New Camry resmi dikenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM), Selasa (8/1/2019). Sedan ini membawa beberapa perubahan yang diharapkan dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen segmen sedan di Indonesia.

Perubahan sedan generasi kedelapan ini adalah penggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA). Platform ini sudah dikenalkan sebelumnya pada produk CH-R.

TNGA adalah platform yang dikembangkan Toyota untuk produk global dengan kelebihan untuk mengoptimalkan kelincahan, stabilitas dan visibilitas. Camry terbaru hadir lebih kokoh, dimensi besar dengan pusat gravitasi rendah dan kuda-kuda konstruksi menjadi lebih besar dibanding pendahulunya.

Ini terlihat dari ukuran panjang 4.885 mm yang lebih panjang 35 mm dari model sebelumnya. Juga dari ukuran lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dari model terdahulu.

Baca juga: Bocoran Harga Camry Terbaru yang Akan Meluncur Hari Ini

Dari ukuran tinggi, model terbaru memiliki tinggi 1.445 mm atau lebih rendah 5 mm dari model sebelumnya. Sedangkan jarak sumbu roda 2.825 mm menjadi lebih panjang 50 mm dari model sebelumya.

Sisi eksterior juga mendapatkan perubahan dari desain terbaru yang mengusung konsep Aggressive Smart Confidence. Gabungan penggunaan headlamp dan stoplamp LED dengan desain grille depan terbaru membuat aura sedan ini semakin ekslusif namun juga sporty mendekati gaya coupe.

Masuk ke bagian dalam, perubahan terlihat dari desain dasbor yang sebelumnya berupa kombinasi T shape dashboard menjadi type cockpit. Efeknya, interior jadi lebih stylish dan nampak luas.

Kehadiran moon roof jadi salah satu yang menarik di kabin Camry baru ini. Selain itu penggunaan layar sentuh 9 inci dengan beragam kemampuan memutar tipe file musik dan 6 speaker jadi sajian utama. Kehadiran layar MID 4,2 inci menampilan informasi kendaraan secara lengkat termasuk tekanan ban.

All New Camry resmi diluncurkan Selasa (8/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi All New Camry resmi diluncurkan Selasa (8/1/2019)

Baca juga: Sales Daihatsu Mulai Gerilya Jual Xenia 1.500 cc

Fitur dual climate control sudah hadir di seluruh varian Camry. Kehadiran wireless charging akan memudahkan pengemudi mengisi daya telepon genggamnya.

Fitur lainnya yang hadir antara lain Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function, dan kehadiran ABS serta EBD. Tidak ketinggalan 7 airbags, Brake Assist, Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist.

Memakai mesin 2AR-FE 4 silider dengan kapasitas 2.494 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 183 ps / 6.000 rpm dan torsi 23,9 kgm pada 4.100 rpm. Buat Camry hybird menggunakan mesin A25XA-FXS dengan kapasitas 2.487 cc dengan power maksimum 178 ps pada 5.700 rpm dan torsi 22,5 kgm pada 3.600 -5.200 rpm dengan tambahan motor listrik 20,6 kgm.

Camry varian G A/T dibanderol Rp 613.350.000, varian V A/T Rp 646.650.000 dan varian hybrid dibanderol dengan harga Rp 806.600.000.

All New Camry resmi diluncurkan Selasa (8/1/2019)Kompas.com/Setyo Adi All New Camry resmi diluncurkan Selasa (8/1/2019)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com