Konsumsi BBM Kemasan Meningkat Drastis di Musim Liburan

Kompas.com - 27/12/2018, 17:10 WIB
BBM Kemasan Pertama di Kios Pertamina BBM Kemasan Pertama di Kios Pertamina
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) mencatat peningkatan konsumsi bahan bakar di masa libur Natal dan akhir tahun. Selain dari penjualan BBM di SPBU, BBM kemasan yang dijual pada 41 kios Pertamax juga menjadi buruan masyarakat yang berlibur.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito, mengatakan penjualan bahan bakar di kios Pertamax hingga tanggal 25 Desember 2018 meningkat tajam dibandingkan tahun sebelumnya.

“Penjualan BBM di kios Pertamax semuanya mengalami peningkatan yang signfikan. Produk Pertamax meningkat dari 6.000 liter di 2017 menjadi 354.000 liter di 2018. Sedangkan produk Pertamina Dex meningkat dari 60 liter tahun lalu menjadi 35.000 liter di tahun 2018,” ucap Adiatma dalam keterangan resminya, Kamis (27/12/2018).

Baca juga: Pasca-Tsunami, Pertamina Pastikan Layanan BBM di Banten Aman

Menurut Adiatma, peningkatan tertinggi terjadi di wilayah Jawa Tengah dengan konsumsi sebesar 303.000 liter Pertamax dan 24.000 liter jenis BBM Dex. Peningkatan tersebut juga didukung dengan penambahan jumlah kios dari sebelumnya hanya 15 menjadi 41.

Petugas bermotor pengantar BBM dari KiosK Pertamax SPBU Muri berkeliling jalur pantura di Tegal, Jawa Tengah, Rabu (30/5). Pertamina menyiagakan 60 titik Kios BBM Kemasan atau KiosK Pertamax sebagai salah satu alternatif bagi pemudik untuk mendapatkan BBM selain di SPBU. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/18.ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Petugas bermotor pengantar BBM dari KiosK Pertamax SPBU Muri berkeliling jalur pantura di Tegal, Jawa Tengah, Rabu (30/5). Pertamina menyiagakan 60 titik Kios BBM Kemasan atau KiosK Pertamax sebagai salah satu alternatif bagi pemudik untuk mendapatkan BBM selain di SPBU. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/18.
Selain itu, peningkatan tajam dari konsumsi BBM juga terjadi seiring besarnya animo masyarakat yang menjajal dan memanfaatkan perjalan di akses baru tol Trans Jawa.

“Peningkatan tersebut diindikasi karena banyak pengguna tol yang mengoptimalisasi layanan kios Pertamax di Rest Area Tol Trans Jawa, karena di wilayah tersebut tersedia tambahan layanan 31 kios,” kata Adiatma.

Seperti diketahui, kios Pertamax merupakan stand khusus yang dibuat untuk menyediakan produk BBM non subsidi, layaknya Pertamax dan Pertamina Dex yang dipasarkan dalam bentuk kemasan. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X