Natal dan Tahun Baru, Kemenhub Terapkan Pembatasan dan Satu Arah

Kompas.com - 13/12/2018, 18:24 WIB
Kepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan. KOMPAS/RIZA FATHONIKepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Natal 2018 dan tahun baru 2019, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pembatasan operasional mobil barang. Pembatasan akan diterapkan pada beberapa ruas jalan tol dan jalan nasional untuk.

Keputusan ini sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 115 Tahun 2018. Larangan ditujukan bagi mobil barang dengan jumlah berat yang diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kg. mobil barang sumbu 3 atau lebih, mobil barang dengan kereta tempel atau gandeng, serta mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian lainnya.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Budi Setiyadi, pembatasan dilakukan mulai pada 21-22 Desember, 25 Desember. Sementara untuk periode tahun baru dimulai pada 28-29 Desember, lalu 1 Januari 2019.

Baca juga: Rawan Kecelakaan, Ini Area “Blind Spot” pada Truk

"Pada 21 Desember berlaku mulai pukul 00.00 WIB - 22 Desember pukul 24.00 WIB dan berlaku dua ruas pada jalan tol Jakarta–Merak, jalan tol Prof. Soedyatmo, jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), jalan tol Bawen–Salatiga, jalan nasional Medan–Brastagi Tanah Karo, jalan nasional Tegal–Purwokerto, jalan nasional Mojokerto–Caruban,” ujar Budi dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Lebih lanjut Budi menjelaskan berdasarkan hasil evaluasi tahun lalu ada beberapa tanggal cenderung tidak mengalami peningkatan jumlah pergerakan, yakni 23, 24, 26, 27, 30, dan 31 Desember. Berdasarkan evaluasi tersebut maka tidak diberlakukan pembatasan untuk menjaga ketersediaan barang dan kelancaran pasokan barang jenis konsumsi serta ekspor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 Sejumlah kendaraan arus balik melintas ruas Tol Cipali kilometer 188 di jalur Jakarta menuju Jawa Tengah Rabu petang (20/6/2018).KOMPAS.COM / Muhamad Syahri Romdhon Sejumlah kendaraan arus balik melintas ruas Tol Cipali kilometer 188 di jalur Jakarta menuju Jawa Tengah Rabu petang (20/6/2018).
Tidak hanya itu, pada 21-22 Desember juga akan diberlakukan satu arah pada beberapa ruas tol, yakni Jakarta–Cikampek arah ke Cikampek, jalan tol Cikampek–Padalarang–Cileunyi arah ke Cileunyi, jalan nasional Pandaan–Malang arah ke Malang, jalan nasional Probolinggo–Lumajang arah ke Lumajang, dan jalan nasional Gilimanuk–Denpasar arah ke Denpasar.

Pembatasan operasional tanggal 25 Desember 2018 berlaku mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB pada ruas Jalan Tol Jakarta–Cikampek arah ke Jakarta. Untuk pembatasan operasional angkutan barang pada tanggal 28 Desember 2018 mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan tanggal 29 Desember 2018 pada pukul 24.00 WIB berlaku pada ruas dua arah meliputi:

a. jalan tol Jakarta–Merak
b. jalan tol Prof. Soedyatmo
c. jalan tol Lingkar Luar Jakarta (Jakarta Outer Ring Road/JORR)
d. jalan tol Bawen–Salatiga
e. jalan nasional Medan–Brastagi Tanah Karo
f. jalan nasional Tegal–Purwokerto
g. jalan nasional Mojokerto–Caruban

Sementara pada ruas satu arah meliputi:

a. jalan tol Jakarta–Cikampek, arah ke Cikampek
b. jalan tol Cikampek–Padalarang–Cileunyi arah ke Cileunyi
c. jalan nasional Pandaan–Malang arah ke Malang
d. jalan nasional Probolinggo–Lumajang arah ke Lumajang
e. jalan nasional Gilimanuk–Denpasar arah Denpasar

“Untuk pembatasan operasional angkutan barang juga berlaku pada tanggal 1 Januari 2019 mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB pada ruas jalan tol Jakarta–Cikampek arah Jakarta dan jalan nasional Denpasar–Gilimanuk,arah ke Gilimanuk,” kata Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.