Ini Model Helm yang Cocok untuk Musim Hujan - Kompas.com

Ini Model Helm yang Cocok untuk Musim Hujan

Kompas.com - 23/11/2018, 15:22 WIB
Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujanKompas/Iwan Setiawan Pahami prosedur standar bersepeda motor di jalanan basah. Sepeda motor saat hujan

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia belakangan ini sudah mulai memasuki musim hujan. Intensitas hujan yang cukup besar ini membuat pengendara motor wajib berhati-hati terutama saat tengah mengendarai motornya di jalan.

Persiapan matang perlu dilakukan sebelum berkendara saat hujan. Selain jas hujan, pemilihan helm juga menjadi perhatian. Model apa yang cocok untuk musim penghujan?

“Kalau bicara musim apapun sebaiknya pilih yang full face. Bicara aman jelas full face,” ucap pengurus komunitas Belajar Helm, Salcomo Eato saat dihubungi Jumat (23/11/2018).

Terkait pilihan helm yang digunakan pengendara terutama di musim hujan, Eato menyerahkannya kepada selera masing-masing. Namun pemilihan helm baiknya juga mengikuti kecepatan sepeda motor yang digunakan.

Helm Arai Samurai PedrosaAzwar Ferdian/Kompas.com Helm Arai Samurai Pedrosa

Baca juga: Helm Samurai Edisi Perpisahan Pedrosa

Misal penggunaan helm cakil motorcross saat hujan, tentu ada kekurangan karena tidak memiliki visor untuk melindungi mata dari terpaan air hujan, kecuali pakai kacamata goggle. Begitu juga soal helm half face.

Eato mengungkapkan misal pemilihan helm half face bisa dipertimbangkan jika kecepatan berkendara masih sekitar 60 kpj. Tentu untuk motor sport dan moge akan berbeda lagi kebutuhannya.

“Kalau mental yang bawa motor maunya ngebut terus, ya pilihan full face untuk keamanan tertinggi. Begitu juga pemilihan bahan helm. Helm premium berbeda dengan helm non premium,” ucap Eato.



Close Ads X