Bedanya Perawatan Mobil yang Parkir di Garasi dan Carport - Kompas.com

Bedanya Perawatan Mobil yang Parkir di Garasi dan Carport

Kompas.com - 03/10/2018, 10:02 WIB
Ilustrasi mencuci mobilHakase_ Ilustrasi mencuci mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Perumahan saat ini sudah jarang yang menawarkan garasi, kecuali memang perumahan mewah dengan ukuran rumah yang besar. Kebanyakan saat ini hanya punya fasilitas carport, itupun belum ada tambahan penutup atap (kanopi).

Mengutip Kompas Properti, perubahan ini bukan hanya oleh lahan yang semakin terbatas, tapi juga perbedaan gaya hidup masyarakat perkotaan. Termasuk di dalamnya adalah kebutuhan menyimpan mobil bergeser dari garasi ke carport.

Menurut arsitek Her Pramtama dari US & P Architects, untuk menyimpan mobil orang lebih memilih carport ketimbang garasi. Alasannya, memiliki garasi artinya membatasi kebutuhan ruang. Lahan tersebut seharusnya dapat digunakan untuk kebutuhan ruang lain.

"Jadi, orang memilih menyimpan mobil di carport. Tinggal pasang pergola di atasnya, mereka sudah dapat melindungi mobil. Kalau mobil keluar, carport bisa dialihkan fungsi jadi tempat menjemur pakaian," jelas Pramtama.

Baca juga: Lap Microfiber untuk Cuci Mobil Harus Dipisah

Struktur berdiri sendiri dapat ditopang pada keempat titik utama atau bisa juga hanya dengan dua titik utama dengan menggunakan sistem kantilever.www.houzz.com Struktur berdiri sendiri dapat ditopang pada keempat titik utama atau bisa juga hanya dengan dua titik utama dengan menggunakan sistem kantilever.

Perawatan mobil
Bila kerap menyimpan mobil di carport, maka kebiasaan merawat mobil juga berbeda dengan garasi. Di garasi mobil aman dari serbuan hujan, debu, atau embun pagi. Sedangkan di carport, mobil terkena hujan, embun atau pun debu.

"Apa pun yang sifatnya air, pasti memberikan efek negatif bila tidak segera dibersihkan. Maka dari itu, perawatan mobil yang disimpan di garasi dan di carport berbeda. Idealnya, mobil yang ada di carport, harus setiap hari di cuci hanya dengan menggunakan air saja," jelas Christopher Sebastian, Presiden Direktur Topcoat, Selasa (2/10/2018).

Cuci setiap hari, lanjut Christopher, jangan menggunakan shampo apalagi sampo yang punya PH tinggi. Ini akan membuat cat mobil menjadi cepat kusam, karena sampo tersebut punya tingkat asam yang tinggi.

"Cukup dengan air saja, tapi langsung dilap sampai kering. Seminggu sekali baru boleh pakai sampo khusus mobil, kalau bisa cari yang PH rendah," lanjut Christopher.

Kebiasaan cuci mobil setiap hari ini dimaksudkan untuk membersihkan mobil dari debu, kotoran atau air hujan, buat mobil yang ditempatkan di carport.

"Kalau di garasi tidak perlu, karena aman dari debu dan air. Hanya yang pasti, setiap mobil kena hujan, tetap harus langsung disiram air bersih dan dilap sampai kering. Karena air hujan bersifat asam yang bisa merusak lapisan cat," jelas Christopher.



Close Ads X