Berapa Modal Untuk Buka Usaha Cuci Mobil? - Kompas.com

Berapa Modal Untuk Buka Usaha Cuci Mobil?

Kompas.com - 08/11/2017, 16:22 WIB
Suasana di salah satu layanan cuci mobil steam hidrolik yang ada di Depok, Selasa (7/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di salah satu layanan cuci mobil steam hidrolik yang ada di Depok, Selasa (7/11/2017).

 

Depok, KompasOtomotif - Modal usaha yang dibutuhkan untuk membuka usaha cuci mobil ternyata bervariatif, tergantung peralatan yang digunakan. Semakin canggih teknologi dari peralatan yang dipakai, semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan.

Pada Selasa (7/11/2017), KompasOtomotif mendatangi sejumlah tempat cuci mobil yang ada di Depok, dari mulai yang hanya menggunakan peralatan sederhana, penggunaan mesin hidrolik, hingga yang termutakhir penggunaan robot.

KompasOtomotif membuat perbandingan modal usaha dari masing-masing tempat cuci mobil mengacu peralatan yang digunakan, di luar biaya sewa tempat dan gaji karyawan.

Salah satu tempat cuci mobil konvensional yang didatangi adalah milik Dayat yang berlokasi di Jalan Raden Saleh. Di tempat ini, hanya ada satu mesin kompresor beserta alat penyemprot dan perlengkapan pencuci lainnya.

Baca juga : Perbandingan Cuci Mobil Robot dengan Tenaga Manusia

Salah satu layanan cuci mobil dengan tenaga robot atau robotic car wash yang ada di Jalan Margonda, Depok, Selasa (7/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu layanan cuci mobil dengan tenaga robot atau robotic car wash yang ada di Jalan Margonda, Depok, Selasa (7/11/2017).

Tempat cuci mobil yang dimiliki Dayat bisa menampung maksimal satu mobil. Tarif yang dikenakan adalah Rp 20.000. Menurut Dayat, total biaya yang diperlukan untuk membeli seluruh peralatan adalah sekitar Rp 8 juta.

"Kompresor Rp 2 juta, penyemprotnya Rp 1,5 juta. Sama yang lain-lain habis semua sekitar Rp 8 juta," kata Dayat.

Beralih ke tempat cuci mobil hidrolik. Pada dasarnya, peralatan yang digunakan sama dengan tempat cuci konvensional. Namun ada tambahan mesin hidrolik yang berfungsi untuk mengangkat mobil. Tujuannya agar bagian bawahnya bisa dibersihkan.

Menurut Ricko, salah satu pemilik tempat cuci mobil hidrolik yang ada di Jalan Siliwangi, harga mesin hidrolik sekitar Rp 20 jutaan tergantung merek dan fitur yang dimiliki.

Baca juga : Musim Hujan Tiba, Jangan Malas Cuci Mobil

Suasana di salah satu layanan cuci mobil steam hidrolik yang ada di Depok, Selasa (7/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di salah satu layanan cuci mobil steam hidrolik yang ada di Depok, Selasa (7/11/2017).

Di bengkelnya, Ricko memiliki satu unit mesin hidrolik yang dapat mengangkat kendaaraan dengan bobot maksimal hingga 2 ton. "Kalau yang punya saya ini harganya Rp 23 juta," ujar Ricko.

Dari tempat cuci mobil hidrolik, kita beralih ke tempat cuci mobil dengan bantuan robot. Ini adalah peralatan paling mutakhir dari usaha jasa pencucian mobil. Salah satu tempat usaha cuci robot yang ada di Depok berlokasi Jalan Margonda, tepatnya di bengkel Wijaya Motor.

Menurut direktur bengkel tersebut, Haris Susilo, biaya yang dibutuhkan untuk membeli mesin robot beserta peralatan pelengkap lainnya mencapai Rp 1 miliar.

"Untuk modal mesin Rp 1 M. Ini di luar biaya instalasi air segala macam," ujar Haris.

Mesin cuci robot terdiri atas beberapa penyemprot air bertekanan tinggi dan blower. Dalam layanan cuci robot, proses pembersihan kendaraan hanya memakan waktu yang singkat, yakni sekitar lima menit.


EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X