Pantauan Dua Hari Pertama Uji Coba E-TLE

Kompas.com - 02/10/2018, 20:21 WIB
Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIUji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com – Uji coba uji coba tilang elektronik atau electronic traffic law enforcment (ETLE) mulai dilaksankan pada Senin 1 Oktober 2018. Setidaknya sampai hari ini, penyelenggaraan sudah berlangsung dua hari.

Memantau ke langsung di lokasi pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) di Simpang Sarinah, di mana beberapa kamera sudah terpasang. KOMPAS.com melihat ada juga papan pemberitahuan, kalau daerah tersebut sudha diberlakukan tilang elektronik.

Tak banyak petugas yang berjaga, hanya dua orang dari Dinas Perhubungan tanpa didampingi personel kepolisian.

Menanyakan perihal perilaku berkendara pasca uji coba, dibandingkan dengan sebelumnya, Andi Wenny dari Dinas Perhubungan mengatakan, ada perubahan ke arah lebih baik. Namun, memang masih belum terasa signifikan.

Baca juga: Selama Masa Uji Coba Belum Ada Tindakan Tilang Elektronik

Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.

“Jika melihat perilaku pengendara itu sudah lumayan, tapi masih banyak juga yang melanggar. Seperti lawan arah dan belok kiri langsung,” ujar Andi kepada KOMPAS.com, Selasa (2/10/2018).

“Persentase perbaikan 30 persenan, sisanya 70 persen masih belum. Jadi bisa dikatakan kalau masyarakat belum sepenuhnya sadar, tapi sudah lumayan lah,” ucap Andi.

Soal kapan perbaikan mulai signifikan, Andi menyebut butuh waktu. Dirinya memberikan contoh persamaan seperti pemberlakuan ganjil-genap, di mana pada masa uji coba masih banyak pelanggaran.

Uji coba rencananya akan dilakukan selama 1 bulan. Selama uji coba, polisi tak melakukan penindakan kepada para pelanggar lalu lintas.

Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Uji coba ETLE atau tilang elektronik berlaku selama satu bulan sejak 1 Oktober 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.