Kompas.com - 02/10/2018, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya mulai memberlakukan uji coba electronic traffic law enforcement (E-TLE) di Jalan Sudirman-Thamrin. Selama masa sosialisasi ini, dipastikan belum ada tindakan tilang elektronik kepada pelanggar lalu lintas.

Pernyataan itu diungkapkan langsung oleh AKBP Budiyanto, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Menurut dia, selama 30 hari ke depan hanya sosialisasi seperti pembagian stiker dan pemasangan spanduk.

"Jadi setelah itu baru akan ada tindakan tilang kepada pelanggar lalu lintas di jalan tersebut," ujar Budiyanto saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/9/2018) malam.

Baca juga: STNK Bisa Diblokir jika Tidak Bayar Denda Tilang Elektronik

Langkah itu, kata Budiyanto sama seperti ketika menerapkan kebijakan baru, salah satunya ganjil-genap. Selama masa uji coba tidak akan ada sanksi pembayaran denda bagi pelanggar.

"Jadi kita akan sosialisasikan dulu sambil mempersiapkan segala sesuatunya," ucap Budiyanto.

Jenis pelanggaran yang perlu diketahui pengguna kendaraan, seperti melewati garis di lampu merah, menerobos lampu merah, melawan arah hingga ganjil-genap.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.