Gaya Baru, Beli Asuransi dengan Layanan Petugas Virtual

Kompas.com - 13/09/2018, 12:23 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Asuransi Astra memperkenalkan anggota baru dalam layanan digitalnya, bernama Garxia. Nama itu merupakan kependekan dari Garda Experience Intelligent Assistance.

CEO Asuransi Astra Rudy Chen dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (12/9/2018) mengatakan, Garxia adalah petugas virtual yang melayani pelanggan yang ingin melengkapi data pembelian polis asuransi melalui aplikasi Garda Mobile Otocare versi 4.0. Melalui bantuan Garxia, pelanggan akan diberikan petunjuk melalui chat melalui pesan singkat.

Garxia, dalam prosesnya, akan menanyakan beberapa hal kepada calon pelanggan melalui pesan singkat, diantaranya merk, tipe, tahun dan seri mobil. Setelah mendapatkan jawaban, Garxia akan memberikan petunjuk lebih lanjut, termasuk bantuan penghitungan nilai premi yang harus dibayar untuk jenis asuransi yang dipilih.

Baca juga: Daftar Harga “MPV Sejuta Umat” September 2018

Simulasi percakapan via chat pesan instan antara petugas virtual Graxia dari Asuransi Astra dengan calon pelanggan. Graxia diperkenalkan Asuransi Astra di Jakarta, Rabu (12/9/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Simulasi percakapan via chat pesan instan antara petugas virtual Graxia dari Asuransi Astra dengan calon pelanggan. Graxia diperkenalkan Asuransi Astra di Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Keberadaan Garxia ini bisa diibaratkan seperti petugas asuransi yang membantu pelanggan saat proses pembelian langsung di kantor cabang. Menurut Rudy, peluncuran program ini dilatarbelakangi keinginan masyarakat yang masih menginginkan adanya interaksi, walaupun melalui layanan digital.

"Sesuai dengan tagline kami, yakni Makin Gampang Beli Asuransi, chat aja. Jadi kehadiran Garxia membuat proses pembelian asuransi mobil Garda Oto dapat dilakukan semudah mengirimkan pesan instan," kata Rudy di Jakarta, Rabu (12/9/2018)

Baca juga: Asuransi Adira Memperluas Jaringan di Jateng dan DIY

Aswata luncurkan layanan Virtual Assistant bernama Vania.Kontan/Umi Kulsum Aswata luncurkan layanan Virtual Assistant bernama Vania.

Penggunaan petugas virtual dalam layanan digital asuransi bukan yang pertama kalinya. Pada Desember 2017, PT Asuransi Wahana Tata atau yang lebih dikenal Aswata juga meluncurkan layanan serupa dengan nama Vania.

Mengutip dari Kontan.co.id, Vania juga merupakan layanan berbasis chat guna membantu nasabah maupun calon nasabah dalam berinteraksi, menjawab pertanyaan, hingga penutupan polis asuransi umum. Fitur Vania akan menjawab semua pertanyaan nasabah melalui chat selama 24 jam.

Baca juga: Cek Asuransi Mobil, Biar Liburan Lebih Tenang

"Dengan hadirnya Vania, Aswata kini menjawab kebutuhan asuransi umum bagi masyarakat digital," kata Direktur Utama Aswata Christian W. Wanandi di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.