Cek Asuransi Mobil, Biar Liburan Lebih Tenang

Kompas.com - 28/12/2017, 08:42 WIB
Ilustrasi mudik melalui jalan bebas hambatan perlu melakukan beberapa persiapan ShutterstockIlustrasi mudik melalui jalan bebas hambatan perlu melakukan beberapa persiapan
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Demi memastikan perjalanan liburan jarak jauh terasa nyaman dan aman, melakukan pengecekan kendaraan sudah jadi hal wajib. Namun, agar semakin tenang tak ada salahnya memastikan juga soal asuransi mobil.

Setidaknya ada jaminan, kalau pengemudi tak harus khawatir soal kendaraan yang akan dibawa berlibur. Jangan sampai kita tidak memahami apa yang sebenarnya yang pihak asuransi berikan.

Laurentius Iwan Pranoto, Marketing Communication and Public Relations Head Asuransi Astra mengatakan, pemahaman soal asuransi sangat penting ketika akan mengajukan klaim, ketika mobil rusak selama perjalanan wisata.

“Karena yang sering terjadi di lapangan, adalah adanya ketidakpuasan pelanggan kepada pihak asuransi, yang sebenarnya terjadi karena kurang pahamnya pelanggan mengenai isi polis,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Rabu (27/12/2017).

Iwan coba memberikan beberapa tips yang sekiranya bisa dilakukan sebelum berlibur menggunakan mobil pribadi.

Baca juga : Klaim Asuransi Garda Oto Tanpa Kertas

Pertama, baca isi Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) dengan seksama. PSAKBI didapat bersamaan dengan Polis. Penting untuk mengetahui istilah-istilah standar dan bahasa hukum dalam PSAKBI.

Ilustrasi kecelakaan tabrakan mobil di Jakarta.Stanly/KompasOtomotif Ilustrasi kecelakaan tabrakan mobil di Jakarta.

“Demi lebih memudahkan pemahanam mengenai maknanya, tanyakan langsung pada petugas atau call center asuransi,” ucap Iwan.

Kedua, baca ikhtisar isi polis mobil, lihat hal-hal apa saja yang dijamin perusahaan asuransi terhadap kendaraan kita.

Ketiga, pastikan termasuk ke dalam jenis pertanggungan apa asuransi mobil kita, apakah Total Loss Only atau Comprehensive. Pilih secara bijak sesuai kebutuhan.

Keempat, perhatikan perluasan apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi, apakah kerusuhan dan huru-hara, banjir, tanah longsor, gempa bumi, tanggung jawab hukum pihak ketiga atau lainnya. Perluasan jaminan ini bisa ditanyakan ke petugas asuransi saat membeli polis.

Kelima, catat nomor telepon penting termasuk nomor telepon provide rasuransi Anda.

Iwan melanjutkan, terkait pengajuan klaim, lengkapi dokumen pendukung seperti laporan kerugian dan kronologi kejadian, fotokopi polis, SIM, dan STNK. Bagi pelanggan khusus Garda Oto bisa menghubungi Garda Akses untuk melaporkan kejadian yang dialami.

“Garda Akses gunanya untuk mendapatkan bantuan cepat dalam kondisi darurat di jalan raya. Selain itu, bagi pelanggan kami, kini bisa mengajukan klaim lebih mudah lewat aplikasi Garda Mobile Otocare. Bahkan selama masa liburan, bisa tetap melakukan klaim di gerai-gerai Garda Center di berbagai mal,” ucap Iwan.

Jadi kata Iwan, pemahaman baik mengenai isi polis cukup penting agar mengetahui dengan pasti apa saja yang menjadi hak dan kewajiban pemilik kendaraan. Sehingga tidak perlu was-was lagi ketika menikmati liburan panjang bersama keluarga. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X