Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Versi Nissan Lahir Awal 2019, Mitsubishi Pilih Bungkam

Kompas.com - 29/08/2018, 09:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Resmi menguasai 34 persen (terbesar) saham Mitsubishi, membuat Nissan cukup punya kuasa atas merek berlambang tiga berlian tersebut. Ini juga membuatnya masih ke dalam lingkaran aliansi Renault-Nissan.

Memperkecil biaya riset dan produksi, anggota aliansi biasanya berbagi platform kendaraan. Salah satu yang menarik  buat pasar dalam negeri adalah akan munculnya MPV Nissan berbasis sama dengan Xpander.

Pihak prinsipal Jepang sempat menyebutkan pada 2019 nanti akan mulai diperkenalkan kembaran Xpander dari Nissan. Lalu sumber KOMPAS.com yang mengetahui proyek ini, membocorkan kabar produksi Nissan Xpander akan dilakukan awal 2019.

Ketika dikonfirmasi, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) masih belum mau berkomentar.

Baca juga: Beli Xpander Masih Inden, Ini Janji Mitsubishi

Salah satu varian terlaris Xpander, Sport, selain Ultimate di pasar otomotif nasional.Manut Salah satu varian terlaris Xpander, Sport, selain Ultimate di pasar otomotif nasional.

“Kami tidak dapat berkomentar untuk hal ini karena menyangkut perusahaan lain,” ujar Prianto, HR & GA Director MMKI melalui surat elektronik kepada KOMPAS.com, Selasa (28/9/2018).

Tentu saja kehadiran MPV Nissan bakal buat ramai pertarungan di segmen MPV Sejuta umat. Namun pihak Nissan menyebut kalau produknya akan jauh berbeda, jadi tak sama seperti Avanva-Xenia.

“Soal investasi Kami memiliki kemungkinan untuk mempertimbangkan investasi tambahan dalam rangka penambahan fasilitas baru, bergantung kepada permintaan pasar domestik dan ekspor di masa yang akan datang,” Prianto.

Kapasitas produksi pada saat ini d MMKI adalah 160.000 unit per tahun untuk semua model, ini maksimal. Ada kemungkinan untuk mempertimbangkan menaikkan kapasitas produksi, bergantung pada permintaan. Model yang diproduksi Xpander, Pajero Sport dan L300.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com