Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Xpander Mau Diproduksi Lokal di India?

Kompas.com - 24/08/2018, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

NEW DELHI, KOMPAS.com – Mitsubishi India sedang dalam proses studi untuk memproduksi sekaligus memasarkan model terbaru di segmen kendaraan multi guna. Jagoan itu, bukan lain adalah mobil terlaris di Indonesia, saat ini, Mitsubishi Xpander.

Namun, keputusan kapan diperkirakan akan mulai mengaspal, sampai saat ini belum diinformasikan. Pernyataan tersebut, seperti dilansir dari Indianautosblog, Kamis (23/8/2018) diungkapkan oleh Uttam Bose, MD, Mitsubishi India. Dirinya menyebut tentang hadirnya Xpander di Negeri Bollywood tersebut.

Sejauh ini, semua Xpander yang sudah dieskpor berasal dari pabrik baru Mitsubishi Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Sedangkan khusus untuk pasar India rencananya akan diproduksi lokal. Namun belum diketahui apakah akan benar-benar diproduksi atau hanya berstatus rakitan terurai utuh (CKD).

Baca juga: Xpander Meluncur di Thailand, Harganya Rp 300 Juta Lebih

Mitsubishi Xpander diekspor ke Filipina, Rabu (25/4/2018).FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Mitsubishi Xpander diekspor ke Filipina, Rabu (25/4/2018).

Lebih dari itu, soal mesin sendiri India pasar India bakal mendapatkan versi BS-VI,  di mana sudah memenuhi standar emisi Euro IV 4A91 1.5-liter MIVEC, 4-silinder, menghasilkan 105 PS @6.000 rpm dan torsi 141 Nm @4.000 rpm. Kemudian punya transmisi manual 5-percepatan atau 4-percepatan untuk matiknya.

Mitsubishi sudah mulai memasarkan model MPV-nya Xpander ke luar Indonesia, sejak April 2018 lalu. Negara pertama yang beruntung mendapat kiriman adalah Filipina, diikuti oleh negara-negara lainnya, salah satunya negara di Asia Selatan.

Terkait dengan produksi Xpander sendiri, hal tersebut bisa dilakukan di fasilitas milik aliansi Renault-Nissan di Tamil Nandu. Sampai saat ini pihak Mitsubishi Indonesia belum menjawab pertanyaan KOMPAS.com, terkait dengan pasar India tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com