Harga Xpander di Batam Lebih Murah dari Jakarta - Kompas.com

Harga Xpander di Batam Lebih Murah dari Jakarta

Kompas.com - 10/08/2018, 12:22 WIB
Mitsubishi Xpander di BatamSTANLY RAVEL Mitsubishi Xpander di Batam


BATAM, KOMPAS.com - Dibandingkan dengan kota-kota lain, harga jual Mitsubishi Xpander di Batam, Kepulauan Riau, ternyata jauh lebih murah. Bahkan saat dibandingkan banderol harga yang ditawarkan MMKSI untuk Jakarta sekalipun, masih lebih murah yang dipasarkan di Batam.

Menurut Presiden Direktur Sumatera Berlian Motor (SBM) Group Tonny Chandra, lebih murahnya harga Xpander di Batam karena faktor adanya kebijakan khusus yang diterapakan oleh pemerintah.

"Mengenai masalah harga, Batam ini adalah otonomi khusus, jadi otomatis harga yang kami jual pasti lebih murah dari harga di Jakarta karena adanya free trade zone (FTZ)," ucap Tonny di sela-sela peresmian diler Mitsubishi Pekanperkasa Berlian Motor di Batam, Kamis (9/8/2018).

Baca juga: Stok Mitsubishi Mirage Tinggal 200 Unit

Dengan adanya regulasi FTZ tersebut, otomatis mobil baru yang dipasarkan di Batam tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai ( PPN) serta Pajak Penjualan Atas Barang Mewah ( PPnBM). Regulasi ini bukan hanya berlaku pada Xpander tapi juga berlaku untuk semua mobil baru yang dipasarkan di Batam.

Saat ditanya perbedaan harganya, Tonny menjelaskan cukup lumayan berbeda dibanding harga jual di Jakarta. Namun begitu tetap ada biaya lain yang nantinya dibebankan kepada konsumen.

Mitsubishi Xpander diproyeksikan masuk ke ranah fleet oleh MMKSI untuk bersaing dengan Innova.MMKSI Mitsubishi Xpander diproyeksikan masuk ke ranah fleet oleh MMKSI untuk bersaing dengan Innova.

"Kalau dari persentasi kami harus hitung, harusnya lebih murah 10 persen. Tapi tetap ada ongkos transport atau biaya pengiriman unit dari Jakarta ke Batam yang dibebankan, jadi mungkin perbedaan harga Xpander dengan di Jakarta hanya lima sampai enam persen lebih murah," kata Tonny.

Saat Kompas.com membandingkan daftar harga Xpander di Batam dengan di Jakarta, memang bedanya cukup menggiurkan. Contoh untuk varian Xpander GLS Manual yang di Jakarta di banderol Rp 199,1 juta, di Batam hanya Rp 194 juta, sementara varian tertinggi yakni Ultimate A/T hanya Rp 250 juta, beda Rp 5,4 juta dengan di Jakarta.



Close Ads X