Teknologi buat Cek Kondisi Mobil Perlu Spooring-Balancing - Kompas.com

Teknologi buat Cek Kondisi Mobil Perlu Spooring-Balancing

Kompas.com - 10/08/2018, 10:11 WIB
Salah satu peserta pameran produk bengkel yang hadir di GIIAS 2018Kompas.com/Setyo Adi Salah satu peserta pameran produk bengkel yang hadir di GIIAS 2018

JAKARTA, KOMPAS.COM - Kondisi kaki-kaki kendaraan perlu mendapat perhatian lebih karena berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan penumpang. Hanya saja, situasi ini kadang menjadi celah untuk oknum bengkel nakal, yang memanfaatkan ketidaktahuan pemilik mobil.

Masih banyak yang belum tahu kapan sedianya mobil perlu mendapat sentuhan spooring atau balancing. Fungsi spooring atau balancing ini berkaitan dengan keseimbangan pada kemudi dan empat roda, untuk menjaga mobil tetap stabil.

“Spooring dan balancing merupakan dua hal berbeda. Spooring sendiri yaitu penyetelan sudut-sudut geometri roda depan atau belakang kendaraan (chamber, caster, toe), yang dapat disetel agar selaras dan disesuaikan,” ucap Saiful Anwar, Wakil Kepala Bengkel Plaza Toyota beberapa waktu lalu.

Sementara balancing, lanjut Saiful, aktivitas yang dilakukan untuk menstabilkan putaran ban, dengan menambahkan pemberat pada velg. Jika dilakukan rajin dan secara berkala, setidaknya ada sepuluh manfaat yang bisa dirasakan.

Baca juga: Mau Bikin Bengkel Ban, Berapa Modalnya?

Buat sebagian orang yang masih awam kapan mobil perlu di spooring atau balancing, bisa mengecek terlebih dulu ke bengkel-bengkel khusus kaki dan ban. Sudah banyak bengkel yang menawarkan teknologi baru spooring dengan cepat.

Salah satunya adalah Hunter Quick Check. Mesin spooring ini diklaim mampu mengecek kaki-kaki mobil hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit saja. Hasilnya pemilik kendaraan bisa mengetahui apakah mobilnya butuh spooring atau balancing.

“Ketika masuk bengkel, banyak pemilik mobil tidak mengetahui kondisi kaki-kaki mobilnya dan langsung melakukan spooring-balancing. Dengan teknologi Quick Check Hunter, pemilik dapat periksa lebih dulu untuk menentukan perlu tidaknya spooring-balancing," kata Prayitno Himawan, Founder PT Himawan Putra, di ajang GIIAS 2018, awal pekan ini.

Baca juga: Tanda-tanda Mobil Perlu Spooring dan Balancing

Quick Check ini sudah tersedia di bengkel-bengkel rekanan Himawan Putra, dengan tanda khusus Quick Check di area bengkel.

Salah satu peserta pameran produk bengkel yang hadir di GIIAS 2018                  Kompas.com/Setyo Adi Salah satu peserta pameran produk bengkel yang hadir di GIIAS 2018

Selain itu, PT Kawan Lama Sejahtera (KLS) memiliki peralatan sejenis  untuk kebutuhan spooring dan balancing. KLS menyebutkan ada perangkat wheel alignment merek Launch. Alat ini sudah menggunakan fitur 3D yang dilengkapi adjustment height posisition camera. Serta fitur automatic calibration yang menjamin akurasi dalam pengukuran.

Dengan alat-alat di atas, pemilik kendaraan bisa lebih dulu mengecek kondisi kaki-kaki kendaraan, untuk mengetahui apakah mobilnya membutuhkan spooring atau balancing, serta mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada komponen kaki mobil.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X