Alasan Mitsubishi Lirik Pasar Batam - Kompas.com

Alasan Mitsubishi Lirik Pasar Batam

Kompas.com - 10/08/2018, 08:22 WIB
Mitsubishi resmikan diler penumpang pertama di BatamSTANLY RAVEL Mitsubishi resmikan diler penumpang pertama di Batam


BATAM, KOMPAS.com - Mitsubishi Pekanperkasa Berlian Motor resmi menjadi dealer pertama kendaraan penumpang PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Batam, Kepulauan Riau. Dilengkapi fasilitas 3S, diler ini siap memasarkan semua produk Mitsubishi di area Batam

Lantas apa yang membuat MMKSI akhirnya berani membuka diler di Batam, karena notabenya Batam merupakan kawasan perdagangan bebas yang menawarkan harga mobil lebih kompetitif dari daerah lainnya di Indonesia.

Menjawab hal ini, Head of Sales & Marketing Region III Department MMKSI Ilham Iranda Syahputra, menjelaskan, bahwa dari hasil survei Batam punya potensi yang signifikan, terutama sektor kendaraan penumpang.

Baca juga: Diler Penumpang Pertama Mitsubishi di Zona Free Trade

"Kalau kita melihat dari data, 90 persen penjualan mobil di Batam itu dikuasai passanger car, sementara light commercial vehicel (LCV) hanya 10 persen. Pada Januari-Juni 2017, selama enam bulan itu, 3.300 unit, ada peningkatan pada tiap tahunnya," ujar Iranda usai seremoni persemian diler Batam, Kamis (9/8/2018).

Selain itu, area Batam juga menjadi pasar potensial karena ada pengkhususan dalam hal pajak. Kondisi ini dinilai makin menarik berkat adanya tren perkembangan penjualan kendaraan penumpang Mitsubishi di wilayah Kepulauan Riau dengan pangsa pasar 4,8 persen, naik 3,8 persen dari tahun sebelumnya.

- -

Ketika ditanya kenapa baru sekarang MMKSI memutuskan untuk mendirikan diler kendaraan penumpang, Head of Dealer Development Department MMKSI Setia Hariadi, mengatakan, karena saat ini Mitsubishi memiliki Xpander yang bermain di segmen low MPV.

Baca juga: Selamat Tinggal Brand New Day Mitsubishi

"Kenapa baru sekarang, karena saat ini kami sudah mulai masuk ke segmen gemuk, dengan pasar yang lebih luas sudah tentu kami harus menambah network. Dari besaran market yangada , kami melihat juga dari pergerakan kompetitor, jadi tidak mungkin ada semut bila tak ada gula," ucap Hari.

Untuk target penjualan sendiri, Mitsubishi Pekanperkasa Berlian Motor Batam, dipatok untuk memasarkan 100 unit per bulan. Dari jumlah itu, 70 persen disumbangkan Xpander, sisanya Pajero Sport.


Komentar
Close Ads X