Gaikindo Berbicara Soal Mandatory Baru B20

Kompas.com - 24/07/2018, 07:02 WIB
Distribusi Pertamina Dex cukup merata di Pulau Jawa dan Bali, meskipun menggunakan wadah khusus. Sasri/Kompas.comDistribusi Pertamina Dex cukup merata di Pulau Jawa dan Bali, meskipun menggunakan wadah khusus.

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dengan campuran 20 persen minyak sawit ( B20), akan diperluas sampai ke kendaraan pribadi. Sebelumnya penggunaan B20 hanya untuk kendaraan subsidi.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) memberikan tanggapannya soal rencana pemerintah tersebut. Mereka mengaku setuju saja terkait dengan kebijakan yang sebentar lagi bakal diterapkan.

Namun, mereka menekankan, kalau B20 yang akan disebar harus sesuai dengan syarat dan ketentuan, terutama soal waktu realisasi dan spesifikasi buat kendaraaan di dalam negeri. Pasalnya pemerintah juga akan memberlakukan emisi Euro 4 pada 2021 untuk mesin diesel.

Baca juga: Truk-Bus Hino Aman Tenggak Solar B20

Contoh Biodiesel 20 persen (B20)KOMPAS.com/SRI LESTARI Contoh Biodiesel 20 persen (B20)

“BBM B20 itu sebenarnya berlaku untuk mesin dengan standar emisi Euro II, dan ada ketentuan juga yang harus dilalui. Kita juga akan menerapkan Euro 4 tahun 2021,  jadi harus diupayakan kapan untuk realisasinya,” tutur Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) kepada KOMPAS.com, Senin (23/7/2018).

Kukuh menambahkan, kalau saat ini mesin diesel di dalam negeri banyak di kendaraan komersial. Sementara untuk mobil-mobil pribadi atau penumpang masih sedikit volumenya.

“Pada intinya kami setuju asal memenuhi syarat tadi, spesifkasinya seperti apa dan detail untuk B20-nya bagaimana. Terkait dengan melangkah ke B30 sendiri belum tahu juga kami spesifikasinya,” tutur Kukuh.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X