Investasi Mobil Perdesaan Sukiat dan Astra Capai Rp 300 Miliar

Kompas.com - 27/03/2018, 15:52 WIB
Platform mobil perdesaan yang dipamerkan di Kementerian Perindustrian. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIPlatform mobil perdesaan yang dipamerkan di Kementerian Perindustrian.

Jakarta, KOMPAS.com – Astra Otoparts lewat dua anak perusahaannya PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa, bangun usaha patungan produksi mobil perdesaan bersama PT Kiat Inovasi Indonesia besutan Sukiat, salah satu penggagas Esemka yang berhasil mendongkrak nama Joko Widodo, waktu itu masih Walikota Solo.

Dua perusahaan yang akan segera didirikan adalah PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) yang akan merancang, merekayasa, dan memproduksi. Sementara, PT Kiat Mahesa Wintor Distributor (KMWD) bertugas memasarkan, menjual dan mendistribusikan suku cadang, juga aftersales.

Reiza Treistanto Direktur PT Velasto Indonesia mengatakan, kalau dana investasi awal yang akan digelontorkan mencapai Rp 300 miliar. Soal besaran komposisi patungannya Reiza masih belum mau mengungkapkannya.

Baca juga : Lamban, Proyek Mobil Perdesaan Digenjot Lagi

Mock up mobil perdesaan ITS di IIMS 2017Stanly/KompasOtomotif Mock up mobil perdesaan ITS di IIMS 2017

“Total sampai Rp 300 miliar pada tahap pertama, sampai sampai kapasitas 15.000-an unit. Soal komposisinya nanti kita akan umumkan secara resmi,” ujar Reiza, Selasa (27/3/2018).

Sementara terkait dengan kapasitas produksi awal, Reiza menuturkan, akan mancapai 3.000 unit sampai 6.000 unit. Baru kemudian volumnya mengkuti jumlah pesanan pasar.

“Lokasi produksi akan dilakukan di Klaten, Jawa Tengah dan sekitaran Bekasi. Jumlah tenaga kerja yang bisa terserap untuk volume produksi awal bisa mencapai 200-an orang,” kata Reiza. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X