Moeldoko Berencana Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Kompas.com - 05/03/2018, 18:18 WIB
Jenderal TNI (Purnawirawan) Moeldoko, Kepala Staf Presiden (KSP) bersama bus listrik PT Mobil Anak Bangsa yang digagasnya. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIJenderal TNI (Purnawirawan) Moeldoko, Kepala Staf Presiden (KSP) bersama bus listrik PT Mobil Anak Bangsa yang digagasnya.

Jakarta, KOMPAS.com – PT Mobil Anak Bangsa (MAB) memamerkan bus listrik pertama kalinya dalam ajang pameran kendaraan niaga di Jakarta, akhir pekan lalu. Jenderal TNI Purnawirawan Moeldoko menjadi sosok dibalik MAB, mengatakan, punya rencana lanjutan.

“Kami saat ini akan upgrade bus dahulu, kami akan buat semakin nyaman. Saya juga melihat dari beberapa karoseri sudah punya standar bagus, dan akan menggandeng karoseri Gemilang Malaysia karena mereka juga tertarik,” ujar Moeldoko yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Presiden, Kamis (1/3/2018).

Tak berhenti sampai di situ, Moeldoko melanjutkan, suda ada rencana lanjutan untuk membangun pabrik baterai juga di Indonesia. Bahkan dirinya menyebut realisasinya tidak akan terlalu lama, beberapa perusahaan dari negara lain juga sudah melakukan pendekatan kerjasama.

Baca juga : Setelah Bus, Moeldoko Rencanakan Mobil Listrik Perdesaan yang Murah?

Bus Listrik milik PT Mobil Anak Bangsa.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Bus Listrik milik PT Mobil Anak Bangsa.

“Ada dari Korea, China, Shanghai, dan ada juga dari Jepang, sementara dari lokal memang belum ada. Kami juga punya SDM yang punya keahlian di bidang manajemen baterai, nanti kita bisa kolaborasi dengan luar negeri dan terjadi TOT (Transfer of Technology) dan ke depan akan 100 persen,” kata Moeldoko.

Moeldoko tidak menjelaskan secara detail soal langkah investasi pabrik baterai yang akan dilakukannya, dan siapa perusahaan yang kemudian akan menjadi mitranya ke depan.

“Mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan. Namun, setidaknya sudah ada kesepakatan dengan partner saya dari luar negeri, yang ingin membangun pabrik baterai di sini, itu poinnya. Ini kemudian akan berkaitan dengan value ekonominya, nanti apa mungkin saya yang akan menyiapkan tanahnya, sementara mereka akan membuat pabriknya sampai dengan pengembangan dan yang lainnya,” ujar Moeldoko.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X