Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kompetisi Teknisi Daihatsu Hanya Berstatus Lokal?

Kompas.com - 25/01/2018, 09:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KOMPAS.com – Daihatsu Indonesia baru saja menggelar kompetisi bagi para teknisinya yang ada di seluruh Indonesia. Namun sayangnya, ajang Daihatsu National Technical Skill Contest ini, berhenti hanya di tingkat lokal saja tidak sampai internasional.

Berbeda dengan pabrikan lain seperti Isuzu, Honda mobil dan sepeda motor, kemudian Kia yang jenjang kompetisinya sampai tingkat global. Perwakilan juara nasionalnya yang kemudian diutus untuk bertanding dengan negara-negara lainnnya.

Menanyakan terkait hal tersebut, Amelia Tjandra Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengakui kalau memang mereknya tak memiliki ajang itu (global). Dirinya mengungkapkan alasannya, di mana produk Daihatsu berbeda tiap negaranya jadi belum ada satu standar baku.

“Karena Daihatsu sangat lokal (menyesuaikan dengan pasarnya), produk yang dibuat di Malaysia, Jepang, dan Indonesia sangat berbeda. Kami tidak bisa berkompetisi dengan negara lain karena produknya sangat berbeda,” ujar Amelia, Rabu (24/1/2018).

Baca juga : Adu Skill Teknisi, Daihatsu Cari Super Team

Daihatsu National Technical Skill Contest 2018.Ghulam/KompasOtomotif Daihatsu National Technical Skill Contest 2018.

Amelia menambahkan, kalau mau berbicara soal kualitas teknisi, kompetisi yang dilakukan harus fair, harus sama. Pasalnya, jika produk yang dikompetisikan yang beredar di Malaysia, pasti yang kuat mereka, sementara Indonesia dan Jepang kalah, dan begitu juga sebaliknya.

“Jadi sebelum ada produk yang dibilang global dan sama, kami tidak mau lakukan itu, tidak adil. Itu alasan mengapa kami tidak punya kontes internasional,” ucap Amelia.

Ajang Daihatsu National Technical Skill Contest sudah berlangsung sejak 1985, dengan total 28 kali penyelenggaraan. Sejak 2006, kompetisi yang sebelumnya diadakan setiap tahun, kini menjadi satu kali selama dua tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com