Berkelana Bersama Daihatsu All-New Terios Menjelajah Padang - Kompas.com

Berkelana Bersama Daihatsu All-New Terios Menjelajah Padang

Kompas.com - 17/01/2018, 08:23 WIB
Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.Ghulam/KompasOtomotif Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.

Padang, KompasOtomotif – Meski bukan rombongan pertama yang menjajal All-New Terios, tapi kesempatan yang diberikan Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk mengikuti sesi tes drive di Padang, tak dibuang begitu saja. Cukup menarik memang menjajal model yang sudah 10 tahun baru mendapat perubahan total ini.

Setelah curhat soal pengalaman duduk di kursi pengemudi dan keergonomisannya, kali ini berbagi cerita rasanya mengendarainya. Medan yang dipilih Daihatsu cukup mewakili jalanan Indonesia, selain jalanan normal perkotaan ada juga kontur perbukitan dengan kemiringan jalan cukup menantang, sampai tikungan tajam.

MendapatTerios varian tertinggi bertransmisi otomatis, hanya tinggal injak pedal rem dan tekan tombol engine start stop di sisi kanan belakang setir untuk menyalakan mesin. Suara mesin cukup halus dan hampir tak terdengar sampai kabin.

Respon Gas dan Rem

Tak menunggu lama setelah menyesuaikan posisi berkendara, tuas persneling langsung digeser ke posisi “D” dan rem parkir manual dipindah ke posisi bebas, mobil mulai bergerak seiring pedal rem yang dilepas perlahan. Mendapatkan momen pas, kaki kanan kemudian berpindah ke pedal gas untuk bisa mendapat kecepatan yang diinginkan.

Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.Istimewa Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.

Sempat kaget ketika menekan pedal gas di mana mobil seperti tak merespons, ternyata memang jedanya cukup lama. Ketika mengonfirmasi kepada pihak Daihatsu, mereka menyebut kalau itu memang setelan pabrik, di mana sengaja tak dibuat responsif.

“Bukan lemot tapi lembut dan tidak begitu melonjak sehingga tidak mengagetkan, itu setelan dari pabrik dan itu bisa disesuaikan atau bisa dibuat responsif lagi, tapi kami tidak merekomendasi demi kenyamanan dan keamanan,” tutur Audi Tarantini, EC Advantage Stage Evaluation Department, Test and Validation Division (R&D) ADM, Kamis (12/1/2018).

Baca juga : Daihatsu Terios Baru Tahan Tenaga, Demi Irit Bensin

Meski begitu, Terios tanpa kesulitan berakselerasi, menyalip-nyalip kendaraan lain yang ada di depan. Bahkan saking asiknya membejek pedal gas, tak terasa kecepatan menyentuh angka 100 kpj lebih sedikit. Dari data teknis, mesin 1.5L Dual VVT-i Terios sanggup mengeluarkan tenaga 104PS @6.000rpm dan torsi 13,9 kg.m @4.200rpm.

Terkait pengereman All New Terios terbilang halus, tidak terlalu responsif dan tak perlu dalam-dalam juga injak pedal mencapai pengereman optimal. Pada generasi terbaru ini, sistem pengereman juga sudah dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System dan Electronic Brake Distribution sebagai fitur standar.

Walaupun belum mengadopsi transmisi CVT, tapi performanya tak bermasalah. Selain posisi transmisi D untuk maju, Daihatsu menyematkan juga low gear 3, 2 dan L untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan.

Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.Istimewa Test Drive Daihatsu All New Terios di Padang.

Handling dan Suspensi

Pada kecepatan rendah, terutama ketika mulai menjalankan mobil keluar dar parkiran, kemudi terasa enteng atau ringan.Tak sulit mengendalikan mobil yang dimensi bodinya lebih besar, dan bobotnya lebih berat dibanding sebelumnya.

Sementara pada kecepatan tinggi di atas 60 kpj, entengnya setir tidak mengganggu stabilitas berkendara dan mobil tak mudah godek. Namun, yang dirasakan KompasOtomotif, handling tak begitu responsif, istilahnya sedang-sedang saja dan tak juga menyusahkan.

Menariknya pada pengujian kali ini, penyakit limbung pada Terios lama tak terbawa ke yang baru, jadi ini positif. Tak terasa ada gejala tersebut, ketika mobil diajak bermanuver dan menjelajah jalan berkelok, naik, dan turun di seputar Padang.

Suspensi sendiri bisa dikatakan ada di level medium, di mana tak terlalu empuk ataupun keras. Daihatsu mengaku memberikan effort lebih untuk memerbaiki bagian kak-kaki untuk menemukan kenyamanan maksimal.

Bagian depan, dikawal dengan suspensi McPherson Strut dengan Per Keong dan Stabilizer. Sedangkan pada bagian belakang yaitu 5 link, Rigid Axe dengan Per Keong dan juga Stabilizer. Ini yang diklaim handling dan stabilitas Terios membaik.

All New Terios juga disematkan fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill-Start Assist (HSA). Penasaran, memang baiknya jajal sendiri All New Terios sebelum memboyongnya pulang. Jangan sungkan untuk meminta test drive di dealer Daihatsu.

Fitur pada Daihatsu All New Terios.Istimewa Fitur pada Daihatsu All New Terios.


EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X