Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil untuk Angkot itu Toyota Transmover, Bukan Avanza

Kompas.com - 29/12/2017, 09:23 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Toyota Astra Motor (TAM) merupakan salah satu agen pemegang merek yang dilibatkan dalam pembahasan jenis angkot terbaru. Produk TAM yang direncanakan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan angkot adalah Transmover.

General Manager Executive TAM Fransiscus Soerjopranoto mengoreksi informasi yang menyebutkan pihaknya akan menyiapkan Avanza. Menurut Soerjo, Avanza akan tetap menjadi produk untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sebagai mobil pribadi.

Baca juga: Ini Bedanya Transmover dengan Avanza

"Jadi (untuk angkot) bukan Avanza, tetapi Transmover. Sebab, Avanza tidak dijual untuk publik transportasi," kata Soerjo kepada KompasOtomotif, Kamis (28/12/2017).

Avanza TransmoverAditya Maulana - Otomania Avanza Transmover

Toyota Transmover merupakan produk yang dihadirkan untuk kebutuhan angkutan umum. Pada awalnya, produk ini dihadirkan untuk memenuhuhi pemintaan para pengusaha taksi yang membutuhkan armada dengan harga ekonomis dan perawatan yang murah.

Karena diperuntukkan bagi angkutan umum, pembeli Transmover harus memiliki badan hukum. Jadi, tidak bisa secara pribadi seperti mobil pada umumnya. Untuk memenuhi kebutuhan angkot, Soerjo menyatakan, Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) sudah mengusulkan agar TAM memproduksi angkot dengan formasi jok menghadap ke depan.

Baca juga: Begini Aturan Beli Toyota Transmover buat Taksi Online

"Mereka meminta agar bangku di baris kedua untuk dua orang sehingga penumpang di baris ketiga bisa keluar masuk dengan leluasa," ucap Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com