Mobil untuk Angkot itu Toyota Transmover, Bukan Avanza

Kompas.com - 29/12/2017, 09:23 WIB
Toyota Transmover. Ghulam/KompasOtomotif Toyota Transmover.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan

 

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Toyota Astra Motor (TAM) merupakan salah satu agen pemegang merek yang dilibatkan dalam pembahasan jenis angkot terbaru. Produk TAM yang direncanakan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan angkot adalah Transmover.

General Manager Executive TAM Fransiscus Soerjopranoto mengoreksi informasi yang menyebutkan pihaknya akan menyiapkan Avanza. Menurut Soerjo, Avanza akan tetap menjadi produk untuk memenuhi kebutuhan penggunaan sebagai mobil pribadi.

Baca juga: Ini Bedanya Transmover dengan Avanza

"Jadi (untuk angkot) bukan Avanza, tetapi Transmover. Sebab, Avanza tidak dijual untuk publik transportasi," kata Soerjo kepada KompasOtomotif, Kamis (28/12/2017).

Avanza TransmoverAditya Maulana - Otomania Avanza Transmover

Toyota Transmover merupakan produk yang dihadirkan untuk kebutuhan angkutan umum. Pada awalnya, produk ini dihadirkan untuk memenuhuhi pemintaan para pengusaha taksi yang membutuhkan armada dengan harga ekonomis dan perawatan yang murah.

Karena diperuntukkan bagi angkutan umum, pembeli Transmover harus memiliki badan hukum. Jadi, tidak bisa secara pribadi seperti mobil pada umumnya. Untuk memenuhi kebutuhan angkot, Soerjo menyatakan, Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan (Organda) sudah mengusulkan agar TAM memproduksi angkot dengan formasi jok menghadap ke depan.

Baca juga: Begini Aturan Beli Toyota Transmover buat Taksi Online

"Mereka meminta agar bangku di baris kedua untuk dua orang sehingga penumpang di baris ketiga bisa keluar masuk dengan leluasa," ucap Soerjo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X