Mobil Kota Paling Laris Sepanjang Tahun Ini

Kompas.com - 27/12/2017, 15:02 WIB
Modifikasi Suzuki Ignis 2017 Stanly/KompasOtomotifModifikasi Suzuki Ignis 2017
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Persaingan disegmen city car alias mobil kota di pasar otomotif nasional sepanjang 2017, cukup menarik. Merek yang ikut bermain di kelas ini juga cukup banyak, mulai Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, Nissan, hingga Suzuki.

Bahkan, merek asal Korea Selatan seperti Hyundai dan Kia pun ikut mencari peruntungan disegmen mobil kota ini. Lantas, siapakan model terlaris sepanjang 2017 ini?

Berdasarkan data wholesales (pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) periode Januari-November 2017, Suzuki Ignis menjadi model terlaris.

Honda Brio RS Special Edition di GIIAS 2017.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda Brio RS Special Edition di GIIAS 2017.

Pendatang baru di kelas mobil kota ini telah terjual 11.885 unit selama 11 bulan di tahun ini. Tren penjualan per bulannya juga selalu meningkat, sejak pertama dijual Maret 2017.

Baca juga: Tahu Beda "Hatchback" dengan "City Car"?

Terlaris kedua dipegang Honda Brio dengan total penjualan 9.998 unit. Hasil tersebut meningkat dari periode yang sama di tahun lalu 9.205 unit.

Nissan March menjadi model terlaris ketiga dengan penjualan mencapai 2.272 unit. Pencapaian itu juga meningkat dibandingkan tahun lalu 1.973 unit.

Nissan Motor Indonesia menyegarkan tampilan March dengan desain DRL dan head unit baru di Jakarta, Senin (13/2/2017).Febri A/Otomania Nissan Motor Indonesia menyegarkan tampilan March dengan desain DRL dan head unit baru di Jakarta, Senin (13/2/2017).

Urutan keempat dihuni Daihatsu Sirion dengan total penjualan 1.685 unit. Pencapaian itu menurun dibandingkan tahun lalu 2.950 unit.

Selanjutnya posisi kelima ada Mitsubishi Mirage dengan penjualan 1.604 unit. Hasil tersebut juga menurun dari tahun lalu sekitar 2.833 unit.

Model yang mengalami penurunan cukup tajam, yaitu Toyota Etios. Tahun lalu periode Januari-November terjual 3.349 unit, tahun ini hanya 665 unit.

Kia Picanto generasi kedua sudah meredup, bakal digantikan dengan generasi ketiga.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kia Picanto generasi kedua sudah meredup, bakal digantikan dengan generasi ketiga.

Terakhir duo Korea Selatan, yaitu Hyundai i10 terjual hanya 118 unit, dan Kia Picanto 111 unit. Tren penjualan kedua model itu juga menurun dibandingkan tahun lalu.

Hyundai i10 tahun lalu terjual 122 unit, sedangkan Picanto 276 unit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X