Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahu Beda "Hatchback" dengan "City Car"?

Kompas.com - 13/10/2017, 08:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Selama ini masih banyak yang sulit membedakan antara jenis mobil hatchback dan city car. Bahkan sebagian besar masyarkat cenderung menilai mobil tanpa buntut seperti sedan adalah city car.

Namun pada dasarnya tidak seperti itu. Styling Design Section C&A Planning and Design Department Product Planning and Development Division Toyota Astra Motor (TAM) Akbar Juniarto, menjelaskan antar hatchback dan city car ada perbedaan jauh.

"Untuk Indonesia memang masih sedikit rancu soal pengklasifikasian jenis mobil, mungkin karena model dan mereknya cukup banyak. Paling dasar yang membedakan city car dan hatchback itu soal dimensi sebenarnya," kata Akbar saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (12/11/2017).

Menurut Akbar, meski pada dasarnya sama-sama memiliki kapasitas penumpang empat sampai lima orang, tapi tingkat kelapangan masih menang hatchback. Sedangkan city car dibuat dengan dimensi kecil karena menyesuaikan fungsi sebagai mobil kota yang fleksibel.

Baca : Sudah Paham Beda SUV dan Crossover?

City car sporty perang fitur, Honda Brio RS, Mitsubishi Mirage Sport, dan Daihatsu Sirion Sport.istimewa City car sporty perang fitur, Honda Brio RS, Mitsubishi Mirage Sport, dan Daihatsu Sirion Sport.

Secara bentuk eksterior, hatchback punya dimensi yang lebih lebar karena memang desainnya dibuat dari sedan, hanya tanpa buntut saja. Hal ini yang membedakan dengan city car.

"Sebenarnya banyak hal (yang bikin beda), selain dimensi biasanya mobil city car itu kapasitas mesin lebih rendah dari hatchback. Kalau hatchback ada yang 1.4L ada yang 1.5L, city car di bawahnya," ucap Akbar.

Dari sisi perkembangan, pamor mobil kota lebih dominan di Jepang karena di sana terkenal dengan kei car yang memiliki ragam bentuk model. Sedangkan hatchback biasanya lebih digemari konsumen Eropa.

Honda Jazz.Istimewa Honda Jazz.

"Kalau di Jepang, mobil kei car itu warna pelat nomor saja beda. Biasanya kuning menandakan mobil di bawah 1.000 cc, putih di atasnya," kata Akbar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com