Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintar Memilih Jas Hujan Hindarkan Diri dari Kecelakaan

Kompas.com - 29/11/2017, 09:22 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –  Beberapa waktu lalu viral di media sosial, sebuah video menggambarkan kecelakaan tunggal pengendara motor. Kecelakaan itu disebabkan jas hujan jenis ponco yang digunakannya tersangkut di roda belakang.

Jas hujan jenis ponco dianjurkan untuk tidak lagi digunakan saat berkendara. Sebab, desainnya seperti itu tidak aman untuk digunakan karena ada bagian yang melambai. Bagian yang melambai itu bisa terselip ke dalam roda belakang, sehingga menyebabkan pengendaranya mengalami  kecelakaan. Namun, hingga saat ini masih banyak pengendara motor yang menggunakannya.

Menanggapi hal itu, anggota Badan Kehormatan Road Safety Association (RSA) Rio Octaviano menyampaikan bahwa jas hujan yang sebaiknya digunakan saat berkendara adalah jenis two piece atau biasanya disebut jas hujan jenis setelan. Jas hujan setelan terdiri dari dua bagian, yakni jaket dan celana.  Jas hujan jenis ini lebih aman, karena tidak ada bagian yang melambai ketika digunakan berkendara.

 “Kalau jas hujan menurut kami yang paling aman yang setelan. Kalau jenis ponco, walaupun simpel tapi sangat berbahaya,” kata Rio saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (28/11/2017).

Baca juga : Viral, Bahaya Jas Hujan Ponco buat Pemotor

Pengendara motor yang terjatuh akibat jas hujan ponco yang digunakannya tersangkut di roda belakang motor. Peristiwa ini terjadi di Surabaya, Senin (27/11/2017)Instagram edorusia Pengendara motor yang terjatuh akibat jas hujan ponco yang digunakannya tersangkut di roda belakang motor. Peristiwa ini terjadi di Surabaya, Senin (27/11/2017)

Rio menambahkan, masalah lain pada jas hujan jenis ponco adalah tertutupinya lampu belakang kendaraan. Sehingga, pengendara yang ada dibelakangnya tidak bisa melihat lampu penanda rem.

Menurut Rio, selain saran memilih jenis setelan, sebaiknya jas hujan yang digunakan berwarna terang. Misalnya, Kuning, Hijau atau Putih. Sebab, warna-warna tersebut mecolok mata sehingga memberikan visibilitas yang baik bagi pengendara lainnya.

“Kami sangat tidak menyarankan jas hujan jenis ponco,” kata Rio.

Baca juga : Pilih Mana, Beli Jas Hujan Apa Naik Mobil?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com