Viral, Bahaya Jas Hujan Ponco buat Pemotor

Kompas.com - 27/11/2017, 16:42 WIB
Pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan ponco menutupi lampu rem dan sen. Kompas.com/Unoviana KartikaPengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan ponco menutupi lampu rem dan sen.
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain


Surabaya, KompasOtomotif
- Kecelakaan tunggal yang melibatkan sebuah sepeda motor dilaporkan terjadi di Surabaya akhir pekan lalu. Penyebabnya karena jas hujan ponco yang digunakan pengguna motor tersebut tersangkut di roda belakang.

Melalui akun Instagramnya, edorusia, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan, Edo Rusyanto mengunggah video yang memperlihatkan pengguna motor yang berboncengan terjatuh akibat jas ponco yang dikenakan salah satu dari mereka tersangkut di roda. Keduanya terjatuh di tengah kondisi lalu lintas yang ramai.

Beruntung, keduanya tidak ditabrak kendaraan lain yang melaju di belakangnya. Sebuah mobil yang melaju dari belakang tampak langsung menghindar ke kiri untuk mencegahnya menabrak dua pengguna motor yang sedang terjatuh.

Baca juga : Bikers, Jangan Pakai Jas Hujan Model Ponco

Pengendara motor yang terjatuh akibat jas hujan ponco yang digunakannya tersangkut di roda belakang motor. Peristiwa ini terjadi di Surabaya, Senin (27/11/2017)Instagram edorusia Pengendara motor yang terjatuh akibat jas hujan ponco yang digunakannya tersangkut di roda belakang motor. Peristiwa ini terjadi di Surabaya, Senin (27/11/2017)

Jas hujan ponco memang tidak disarankan digunakan oleh pengguna motor. Sebab model jas hujan ini dianggap berbahaya karena rawan tersangkut di roda belakang motor

Edo menyarankan agar pengguna motor, baik pengendara maupun yang dibonceng untuk menggunakan jas hujan setelan yang terdiri atas baju dan celana. Jas hujan model ini dianggap aman karena tidak mungkin tersangkut di roda saat dipakai.

"Jas hujan yang ideal sebaiknya tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala, hingga seluruh tubuh ketika bersepeda motor. Jas hujan yang terdiri atas bagian celana dan bagian jaket bisa menjadi pilihan," kata Edo kepada KompasOtomotif, Senin (27/11/2017).

RRS02, terbuat dari polyester 190T PVC, dengan tingkat ketahanan air 3000 mm water column.GIVI Indonesia RRS02, terbuat dari polyester 190T PVC, dengan tingkat ketahanan air 3000 mm water column.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X