Bebas Denda Pajak Kendaraan Bermotor untuk Warga Jakarta

Kompas.com - 21/11/2017, 13:42 WIB
Buku BPKB dan STNK KOMPAS.com/SRI LESTARIBuku BPKB dan STNK
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Menghapus denda pajak kendaraan bermotor merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Menjelang akhir tahun, terhitung 20 November hingga 20 Desember 2017 pembebasan denda kembali dilakukan.

Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Edi Sumantri menjelaskan, penghapusan ini berlaku untuk sanksi administrasi atau denda pajak kendaraan bermotor ( PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB).

Namun, dengan catatan hanya berlaku bagi wajib pajak yang memiliki tunggakan. Syaratnya, cukup datang ke kantor Samsat, tanpa harus membayar denda.

Baca juga: Simak Daftar Wilayah yang Sedang Bebaskan Denda Pajak dan Bea Mutasi

"Jadi sampai 20 Desember 2017 ini sanksi yang 48 persen itu akan hilang atau dihapuskan," ucap Edi seperti dilansir laman NTMCPolri, Selasa (21/11/2017).

Khusus Ibu Kota, tunggakan PKB dan juga BBN-KB sampai akhir tahun ini mencapai Rp 1,8 triliun.

Polisi menilang pengendara sepeda motor yang belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB)-nya di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).KOMPAS.com/NURSITA SARI Polisi menilang pengendara sepeda motor yang belum membayar pajak kendaraan bermotor (PKB)-nya di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (11/8/2017).

Razia

Selama periode pemutihan denda pajak, Edi menjelaskan akan bekerjasama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya untuk kembali mengadakan razia.

"Nanti masyarakat yang terkena razia tidak akan mendapatkan penghapusan sanksi," kata dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X