Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RMA Mau Status Importir atau APM Ford?

Kompas.com - 11/10/2017, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pasca-tutupnya Ford Motor Indonesia (FMI), tanggung jawab merek asal Negeri Paman Sam itu dilimpahkan ke RMA Indonesia. Namun, kali ini masih sebatas pelayanan purna jual, suku cadang, dan klaim garansi saja.

Mereka belum mengantongi izin jualan saat ini, dan rencananya mau dilakukan pada 2018 nanti, tepatnya  di kuartal kedua. Namun, ketika sudah melakukan jualan, apakah RMA Indonesia hanya berstatus importir saja, atau sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Ford di Indonesia?

Ditanyakan langsung kepada Yanto Mardianto, Senior Manager Marketing & Sales RMA Indonesia, dirinya menyebut, kalau RMA tentu akan memegang status sebagai APM Ford di dalam negeri. Pasalnya, tidak hanya menjual, mereka juga memberikan garansi dan penjaminan layanan purna jual.

Baca juga : Mengenal Sejarah RMA Group di Indonesia

“Kalau importir tentunya tidak bertanggung jawab untuk garansi. Namun, kami saja sekarang ini sudah bertanggung jawab untuk meng-cover warranty model mobil Ford yang ada di Indonesia,” ujar Yanto Mardianto kepada KompasOtomotif, Selasa (10/10/2017).

Mardianto mengiyakan, kalau status “importir” biasanya hanya memberlakukan sistem beli putus saja. Sementara bagi yang punya sebutan Agen Pemegang Merek (APM) tidak seperti itu, dan tanggung jawabnya cukup panjang.

Saat ini, Mardianto menuturkan, kalau pihaknya masih dalam proses membawa model-model Ford ke Indonesia untuk dijual kembali. Kemungkinan, semuanya bisa rampung pada 2018 semester pertama.  Model yang akan dihadirkan adalah Ford Ranger, Ecosport dan Fiesta, serta beberapa produk lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com