Semester Pertama, Penjualan Toyota Meleset 0,8 Persen

Kompas.com - 04/07/2017, 08:01 WIB
Suasana booth Toyota di IIMS 2017. TAMSuasana booth Toyota di IIMS 2017.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Mencatatkan hasil manis pada season lebaran tahun ini dibandingkan dengan 2016 lalu atau naik 29 persen, Toyota Indonesia harus rela meleset 0,8 persen sepajang enam bulan pertama 2017 (year-on-year).

Meski begitu, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, kalau penurunan tersebut terbilang kecil. Secara total jumlahnya (Januari-Juni) 2017 sebanyak 186.365 unit, sementara di 2016 lalu mencapai 187.930 unit (retail sales).

“Sebagai tambahan informasi, total market retail sales Januari-Mei 2017 (428.563 unit) juga mengalami penurunan 1,0 persen dibanding periode yang sama 2016 lalu, atau sebanyak 433.105 unit,” ujar Soerjo kepada KompasOtomotif, Senin (3/7/2017).

“Berdasarkan data tersebut, artinya industri otomotif di Indonesia masih sehat atau stabil,” ucap Soerjo.

Soal kondisi semester kedua, Soerjo nampak optimis dengan pencapaian market, di mana didorong oleh hadirnya produk baru, penyelenggaraan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), serta program penjualan tutup tahun.

“Apakah market di akhir tahun akan turun atau sama? Ingat, saya pernah sampaikan, jika market sama dengan tahun lalu, maka otomotif Indonesia bisa dibilang bagus, dan sekarang ini hanya berbeda 1 persen saja,” kata Soerjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.