Ketika Limbah Moge Bersarang di Supra GTR150

Kompas.com - 17/05/2017, 08:33 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Binh Duong, KompasOtomotif - Modifikasi ala road race sering digunakan untuk mengubah tampilan sepeda motor bebek. Selain karena sporty, tongkrongan juga jadi lebih terlihat padat dengan kaki-kaki yang berisi.

Nah, bagi yang sedang berencana memodifikasi bebek kesayangan, mungkin Honda Winner alias Supra GTR150 garapan diler Honda Binh Duong di Vietnam ini bisa jadi inspirasi. Menggunakan ragam limbah motor besar (moge), Supra ini terlihat sintal, kental dengan nuansa balap.

Baca : Honda Tiger Sintal Bergaya "Cafe Racer"

Dilansir dari Paultan, hampir seluruh komponen yang dipakai merupakan copotan dari moge sport mewah. Untuk kaki-kaki menggunakan kombinasi antara lengan ayun tunggal milik Honda NSR150 SP dan pelek dari Ducati Panigale 1199.

Pelek motor sport Italia tersebut nampak menarik saat dibungkus dengan ban Pirelli Diablo berkarater slick. Sekilas terlihat seperti visual RC213V-S yang merupakan superbike Honda, apalagi dengan dominasi grafis Repsol yang bersarang di sektor bodi.

paultan.org Sektor kaki-kaki perpaduan antara Ducati Panigale dan NSR150 SP

Agar makin berisi, sistem peredam kejut juga ikut dibenahi. Sektor depan disematkan sok upside down Ohlins milik Kawasaki ZX-10R, lengkap bersama sok belakang.

Untuk knalpot menggunakan limbah Honda CBR1000RR yang kemudi diteruskan dengan aplikasi sistem pengereman dari Brembo. Menariknya, transfer tenaga ke roda belakang ternyata sudah diubah. Tidak lagi pakai rantai, namun sudah menggunakan belt layaknya motor matik.

Baca : Saat Hard Rock Cafe Pindah ke Harley Davidson

Meski demikian, Honda Vietnam tidak memberikan kejelasan teknis mengenai proses perubahannya, termasuk dengan upgrade yang membuat kubukasi bebek ini bertambah menjadi 175 cc. Namun bila melirik dari segi biaya, bisa dipastikan dana yang dikeluarkan melebihi harga motor.

paultan.org Modifikasi Honda Supra GTR150 beraroma MotoGP

Aroma sporty makin kental dengan beragam aksesori bernuansa racing. Mulai dari jok single seater, ragam tombol fungsi yang diletakkan pada setang layaknya tombol traksi di MotoGP, sampai ornamen digital yang berguna memantau tekanan injeksi bahan bakar, serta pengapiannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.