Toyota Enggan Bersuara Soal Penjualan Etios

Kompas.com - 20/09/2016, 08:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif –
Di segmen mobil kota, performa penjualan Toyota Etios Valco memperoleh hasil yang tidak membanggakan pada Agustus 2016. Pasalnya, dari sembilan model dari merek yang berbeda, tujuh di antaranya mengalami kenaikan.

Penurunan Toyota Etios mencapai 37,50 persen, jika dibandingkan Juli di mana berhasil terjual 288 unit, sementara di Agustus hanya 180 unit. Entah ini karena memang buruknya kinerja, atau karena modelnya yang sudah tidak menarik lagi bagi konsumen.

Namun bisa jadi, turunnya penjualan Etios karena stoknya yang sudah terbatas dan akan dihabiskan, di mana ini karena akan hadirnya produk baru. Anton Jimmy Suwandy, Kepala Divisi Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) enggan mengomentari penurunan tersebut.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan mobil kota (wholesales) dari bulan Januari sampai Agustus 2016.

“Etios masih tetap kami maintain, dengan penjualan kira-kira di angka 300 unit per bulan,” ujar Anton kepada KompasOtomotif, Senin (19/9/2016).

Terkait dengan apakah akan hadir Etios terbaru, Anton mengatakan, belum ada rencana tersebut. “Untuk perubahan produk baik desain maupun mesin, kami belum memiliki rencana itu,” kata Anton.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Etios sendiri terjual rata-rata sebanyak 340 perbulannya (Januari-Agustus 2016). Sedangkan tahun lalu pada periode yang sama, di angka 458 unit rata-ratanya. Saat ini, Etios ada di posisi kedua di bawah Honda Brio, dengan selisih yang cukup jauh.

Ghulam/KompasOtomotif Performa Toyota Etios trennya menurun sepanjang Januari-Agustus 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.