Sekelas Mercy Pun Berharap Pajak Sedan Turun

Kompas.com - 30/06/2016, 15:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Tak hanya merek-merek Jepang, Mercedes-Benz Indonesia (MBI) yang notabene dikategorikan sebagai merek premium pun juga berharap adanya penurunan pajak model sedan. Diharapkan, pertumbuhannya semakin baik jika ada revisi pajak dari pemerintah.

Hal tersebut disampaikan Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation MB Cars and Network Development MBI, di sela peluncuran Mercdes-Benz C-Class Estate dan Coupe, (27/6/2016), di Jakarta. Dia tak menampik bahwa ini sedang menjadi topik bersama yang sedang diperjuangkan.

”Gaikindo sedang memberikan input ke pemerintah. Kalau bisa (tercapai), sedan akan lebih bergairah,” kata pria yang akrab disapa Keri itu.

Dikatakannya, pertumbuhan segmen sedan memang tergolong lambat. Keri tak punya data, namun trennya memang tidak sekencang model lain, misalnya SUV. Saat rangsangan itu datang berupa penurunan pajak, segmen ini diyakininya lebih menggeliat.

”Sampai berapa harapan penurunannya? Kami serahkan semua kepada Gaikindo,” kata Keri.

Saat ini, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan roda empat di segmen sedan, sebesar 30 persen. Usulan yang diharapkan Gaikindo, pajak itu diturunkan hingga 10 persen.

Bisa jadi, fokus MBI yang mulai menggenjot penjualan SUV tahun ini karena segmen sedan yang makin sempit. Padahal, model-model laris Mercedes-Benz di Indonesia didominasi sedan. Sebut saja C-Class dan E-Class yang diikuti dengan banyak varian.

Dari data Gaikindo, model sedan berkontribusi 54 persen atas penjualan Mercedes-Benz di Indonesia, dengan angka 899 pada lima bulan pertama 2016. Sedan, menurut Keri, akan terus ”dipelihara” meski SUV mulai didorong untuk berkembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.