Daimler Patenkan Sistem Pengatur Suhu Ban Mobil

Kompas.com - 28/06/2016, 16:23 WIB
Skema sistem pengatur suhu yang dimiliki Daimler. Autoguide.comSkema sistem pengatur suhu yang dimiliki Daimler.
|
EditorAgung Kurniawan

Berlin, KompasOtomotif – Induk perusahaan Mercedes Benz, Daimler, tengah mengembangkan sebuah sistem pengatur suhu ban. Melalui teknologi ini, ban kendraan akan dikontrol temperaturnya sehingga memiliki suhu yang tepat.

Mengutip Autoguide, Selasa (28/6/2016) perusahaan asal Jerman tersebut juga telah mengajukan paten terkait sistem tersebut, kepada Kantor Kekayaan Intelektual Inggris. Sistem ini akan bekerja menyemprotkan air ke setiap ban, ketika terbaca suhunya terlalu panas atau dingin.

Sensor suhu nantinya akan ditempatkan pada setiap sisi ban untuk melakukan pemantauan temperatur tersebut. Jika ban terlalu panas, maka air dengan suhu normal akan menyemprot otomatis ke setiap ban.

Sementara jika ban dalam kondisi terlalu dingin, seperti ketika lingkungan bersalju, maka air terlebih dahulu dipanaskan oleh mesin mobil, baru kemudian menyemprot bagian ban. Ini tentu akan membantu mempercepat menghangatkan ban pada saat musim dingin dan mencegah mengerasnya es.

Pihak Daimler juga menyampaikan, suhu ban yang tepat pada setiap kondisi, bisa membuatnya bisa berfungi baik di segala cuaca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.