Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daimler Siapkan Mobil Listrik Baru Pada Oktober

Kompas.com - 13/06/2016, 13:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif - Produsen mobil asal Jerman, Daimler, akan memperkenalkan mobil listrik jarak jauh di Paris Motor Show pada bulan Oktober. Ini merupakan salah satu langkahnya ini untuk bersaing dengan sport-utility vehicle (SUV) Model X milik Tesla Motors Inc.

Mengutip Reuters, Senin (13/6/2016), pada pameran nanti, Daimler akan menampilkan sebuah prototipe dari mobil Mercedes bertenaga listrik, dengan kemampuan tempuh yang panjang, mencapai 500-kilometer (310 mil). Pernyataan ini disampaikan langsung Thomas Weber, Chief Development Officer.

"Strukturnya udah  siap, tim terus bekerja dan hasil awal dari tes jalan akan datang menyusul secepatnya," ujar Weber.

Weber sendiri tidak menyebutkan secara spesifik, kapan produk mobil listrik Mercy ini mulai akan dipasarkan. “Produk ini kemungkinan hadir pada rentang waktu kurang dari dekade ini,” ucap Weber.

Daimler dan beberapa produsen lain di pasar Eropa, sedang meningkatkan investasi kendaraan listrik, dalam rangka memenuhi target polusi baru Uni Eropa, serta mengejar ketinggalannya dengan Amerika, yang sudah bergerak dengan Tesla. Pemerintah Jerman juga telah mengumumkan subsidi bagi pembeli mobil dengan polusi rendah, atau mobil listrik.

Daimler saat ini sudah memiliki dua mobil yang sepenuhnya listrik, yaitu pada model Smart dan B-class. Kemudian ada juga beberapa hibrida plug-in, yang didukung oleh mesin gabungan antara baterai dan pembakaran. Sementara model hibrida Mercy masih dalam proses.

Weber menambahkan, Daimler menargetkan lebih dari 100.000 mobil listrik bisa dijual per tahun pada akhir dekade ini. Namun, dirinya menolak untuk memberikan angka penjualan untuk tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com