Kompas.com - 08/08/2015, 09:57 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu keluhan para pemilik kendaraan untuk jenis kendaraan seperti mobil multiguna bawah (low MPV) atau mobil murah ramah lingkungan (LCGC) adalah kabin yang bising atau kurang senyap. Tapi tenang saja, banyak cara yang bisa bila ingin menambah tingkat kesenyapan kabin yang kini ditawarkan para produsen produk aftermarket.

Auto Audio Shop di Mega Glodok Kemayoran (MGK) lantai enam Blok C3 No.1, Jakarta Pusat, adalah salah satunya. Toko ini menawarkan solusi untuk menambah kesenyapan kabin layaknya mobil mewah.

Hindra Gowijaya selaku pemilik toko tersebut mengatakan, peredam yang ditawarkannya lebih mengarah untuk mereduksi suara-suara halus. Misalnya suara ditimbulkan oleh ban saat beradu dengan aspal, atau juga suara mesin kendaraan lainnya seperti sepeda motor.

“Peredam yang banyak beredar hanya menggunakan lapisan aspal saja. Kalau saya itu untuk menguatkan lantai mobil tetap dilapisi bahan aspal, tapi ditambah lagi oleh busa khusus,” ungkap Hindra kepada KompasOtomotif, Jumat (7/8/2015).

Bahan busa yang digunakan, lanjut Hindra, diimpor dari Rusia sehingga memiliki kualitas meredam suara jauh lebih baik daripada buatan lokal. Bahkan, tak hanya suara, peredam yang memiliki merek Standarplast ini bisa menyerap panas di dek kabin.

Kendaraan yang akan dipasang peredam ini awalnya dibongkar mulai dari jok, plafon, hingga karpet dasar. Setelah itu dilapisi oleh bahan aspal sebagai alas pertama dan terakhir busa dari Standarplast. Semuanya dipasangkan juga di trim pintu hingga kap mesin.

"Proses pengerjaannya kurang lebih selama 3 sampai 4 hari. Jadi mobil konsumen menginap di tempat ini sampai benar-benar selesai," ucapnya.

Harga

Karena menggunakan material yang memiliki kualitas baik, soal harga juga lumayan. Mobil seperti Toyota Agya hingga Yaris dibanderol Rp 7 juta, sedangkan Innova, Avanza dan sejenisnya dihargai Rp 12 juta.

"Sebenarnya banyak peredam murah atau lokal, tapi tingkat kesenyapannya tidak maksimal, karena hanya menggunakan satu bahan saja, tidak dilapisi busa seperti ini. Jadi otomatis harganya lebih murah dari ini," tuntas Hindra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.