Garis Jalan “Glow in The Dark” Mulai Diuji Coba

Kompas.com - 29/05/2014, 19:07 WIB
Garis jalan BBCGaris jalan "glow in the dark".
|
EditorAris F. Harvenda

Amsterdam, KompasOtomotif – Belanda menjadi negara pertama yang menguji coba marka jalan dengan kemampuan menyala dalam gelap (glow in the dark). Pada dasarnya, ide menggunakan teknologi ini untuk keselamatan berkendara sekaligus menghemat penggunaan listrik penerangan jalan.

Sepanjang 500 m di salah satu jalan di pinggiran selatan Amsterdam, garis tepi jalan dicat dengan tinta khusus yang bisa menyimpan cahaya matahari. Kemudian di malam hari, perlahan memancarkan sinar hijau. Sinar ini menjadi penunjuk arah buat seluruh pengguna jalan. Dijelaskan, pancarannya bertahan hingga delapan jam setelah gelap.

Ketika diuji, garis jalan yang menyala memang bekerja. Dalam video bisa terlihat, ketika lampu depan mobil dimatikan, garis jalan yang menyala bisa digunakan sebagai acuan jalan. Meski demikian masih ada kendala, cahaya tidak konsisten di berbagai kondisi.

Dari berbagai pendapat pengemudi yang melewati jalan, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya sinar menghilang saat hujan besar. Seluruh masukan akan dipelajari untuk menghasilkan cara yang lebih bagus lagi. 

Berikut video uji coba.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X