Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia di Balik Uji Tabrak Kendaraan

Kompas.com - 03/05/2014, 14:12 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Virginia, KompasOtomotif - Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) merupakan salah satu badan pengawas otomotif AS yang selalu berpihak pada keselamatan berkendara. Setiap tahunnya, mobil-mobil baru “disiksa” secara independen untuk mendapatkan rating kemampuan dalam melindungi penumpang. Tapi pernahkah terbayang bagaimana proses di balik layar pembuatan foto atau video yang selama ini kita lihat?

IIHS merils video yang menceritakan sistem kerja rumit hanya untuk merekam momen yang pas. Agar lebih mudah memahami apa yang terjadi saat tabrakan, Pini Kalnite, Director, Film Production &  Media Services IIHS, memaparkan, semua harus terekam dalam gerakan lambat. Saat itulah teknologi canggih berperan penting. 

Semua didapat dengan tidak mudah, ada berbagai proses panjang yang menyertai setiap penilaian kendaraan. Tingkat presisi mempengaruhi penelitian, semakin detail maka semakin terperinci.

Berbeda dengan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) milik Pemerintah AS, IIHS fokus pada kekuatan struktur kendaraan yang seharusnya bisa menahan berbagai macam tumbukan. Dalam video bisa terlihat dengan sangat jelas, seberapa besar dampak yang diserap mobil, sekaligus sekuat  apa bisa melindungi penumpang.

Saksikan selengkapnya di sini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com