Penjualan Xenia Mulai Tergerus

Kompas.com - 05/05/2014, 15:10 WIB
Daihatsu Xenia berstiker Manchester City KompasOtomotifDaihatsu Xenia berstiker Manchester City
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Model terlaris Daihatsu, Xenia, harus mengakui ketatnya persaingan pasar di segmen kendaraan multi guna, MPV bawah. Buktinya, total penjualan saudara kembar Toyota Avanza ini periode empat bulan pertama tahun ini turun hingga  32,1 persen.
 
Mengacu data penjualan wholesales ADM, Xenia terjual 16.956 unit dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 24.989 unit. Sedangkan pada ritel, penjualan tercatat 15.953 unit, juga turun 34 persen.
 
"Penurunan pasar terjadi karena ketatnya persaingan di pasar," jelas Rio Sanggau, Kepala Pemasaran Nasional PT Astra Daihatsu Motor (ADM) di Jakarta Pusat, Senin (5/5/2014).
 
Seperti diketahui, saat ini Xenia bersaing dengan Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Chevrolet Spin, dan Nissan Grand Livina. Belum lagi ada pesaing lain dengan kisaran harga hampir sama, yakni Nissan Evalia dan Suzuki APV.
 
Produksi
Untuk menjaga stok Xenia tetap terjaga, ADM mengaku terus menyesuaikan angka produksi dengan jumlah pesanan yang masuk. Tahun lalu, rata-rata produksi Xenia berada di level 5.300 unit per bulan. 
 
"Tahun ini produksi Xenia rata-rata turun ke level 3.500 unit per bulan. untuk stok biasanya Xenia tidak banyak hanya berkisar 1.000-2.000 unit per bulan," lanjut Rio.
 
ADM sudah memasarkan Xenia selama satu dekade dengan total penjualan mencapai 450.000 unit. Untuk tahun ini, target penjualan diturunkan menjadi cuma 45.000 unit dari perolehan tahun sebelumnya mencapai 64.611 unit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X