Investasi VW di Indonesia Terganggu Kurs

Kompas.com - 27/03/2014, 14:09 WIB
Logo Volkswagen AutoevolutionLogo Volkswagen
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Rencana investasi Grup Volkswagen tahun ini sempat terganggu. Hal tersebut disebabkan penguatan dollar Amerika Serikat terhadap rupiah yang menembus Rp 12.000, akhir tahun lalu. Perhitungan investasi yang menunjukkan pembengkakan membuat rencana ini sempat dievaluasi kembali.

"Mereka sempat bingung waktu itu (saat kurs rupiah naik)," ujar Soerjono, Direktur Industri Alat Transportasi Darat Kementerian Perindustrian, kepada KompasOtomotif di Karawang, Rabu (26/3/2014).

Rencananya, VW akan bermitra dengan PT Indomobil Sukses International Tbk (IMAS) untuk membangun pabrik di atas lahan seluas 60 hektar. Dana investasi yang sudah pernah diumumkan Grup VW ini sebelumnya untuk pendirian pabrik, yakni mencapai 140 juta dollar AS.

"Meski sempat menghitung ulang, sepertinya akhir tahun ini tetap berlangsung pembangunan pabrik di Karawang, Jawa Barat," lanjut Soerjono. Pabrik VW akan dibangun mulai tahun ini dengan target selesai pada tahun 2017.

Investasi ini juga membuat Indonesia sebagai basis produksi VW untuk wilayah Asia Tenggara dan sekitarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.