Kompas.com - 16/02/2014, 18:46 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) menggandeng PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku dealer utama di Jawa Timur (Jatim) dan Nusa Tenggara Timur, mengadakan program tanggap musibah bencana Gunung Kelud. Aksi sosial dilakukan dengan pemeriksaan dan cuci motor gratis serta pemberian diskon suku cadang di sejumlah kabupaten di Jatim.

General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan mekanik terlatih untuk memberikan pemeriksaan gratis korban Gunung Kelud di Posko GOR Kediri dan Pare.

Program ini berlangsung di 35 lokasi AHASS di kota dan kabupaten Kediri. Ditambah diskon suku cadang sampai 30 persen. Juga diselenggarakan di Tulung Agung, Madiun, Jombang, Nganjuk, dan Blitar. "Kami ingin membantu masyarakat dengan memastikan sepeda motor mereka tetap dapat digunakan secara normal demi keamanan dan kenyamanan berkendara. Bantuan ini bukan cuma untuk pengguna Honda tapi merek motor lain," ujar Wedijanto dalam keterangan resminya, Minggu (16/2/2014).

Wawan H Prabowo (WAK) Sektor Pariwisata Lumpuh - Pengendara melewati Jalan Malioboro Yogyakarta yang diselimuti abu vulkanik letusan Gunung Kelud Jawa Timur, Sabtu (15/2). . Letusan Gunung Kelud mengakibatkan lumpuhnya sektor pariwisata di berbagai daerah di Indonesia. Kompas/Wawan H Prabowo
Ditambahkan, kegiatan aksi tanggap bencana ini akan diperluas ke wilayah lain supaya beban masyarakat korban bencana bisa lebih ringan lagi dan menjangkau masyarakat lebih luas. "Secara pararel, kami juga melaksanakan program sejenis bekerja sama dengan PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (Astra Motor), di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Berupa, pemeriksaan gratis CVT, filter udara, dan karburator di jaringan AHASS," imbuhnya.

Sosial
Aktivitas sosial juga dilakukan sejak Kamis (13/2/2014) malam. Pikap yang biasa digunakan untuk pengiriman sepeda motor, langsung dialihfungsikan membantu mengantarkan penduduk korban letusan Gunung Kelud ke posko pengungsian terdekat. Juga membagikan berbagai kebutuhan dasar, seperti air minum dan masker mulai (14/2/2014), di beberapa wilayah di kabupaten dan kota seperti Kediri, Tulung Agung, Madiun, Jombang, Nganjuk, Malang, dan Blitar.

Untuk para korban bencana dan keluarga yang melakukan pemeriksaan gratis, AHM dan MPM juga menyiapkan program trade in khusus pembelian sepeda motor baru Honda.

Kegiatan sosial dilanjutkan ke 10 titik pengungsian di desa Kepung, Puncu, Wates, Tawang, Sukorejo, Gadungan, Janti, Pesantren, Brenggolo, Ploso klaten, Sumbergagung, dan Pagu. Juga dibagikan masker di Kediri, mulai dari pertigaan Thamrin, alun-alun Kediri, lampu merah Ngadiluwih, pertigaan Ngronggo, lampu merah Tepus dan Katang, perempatan Karangdinoyo, Pasar Pranggang, Kediri Mall, lampu merah Veteran, bundaran Tawang, dan lampu merah Doho.

Sinabung
Selain itu, dalam kesempatan terpisah dealer utama Honda untuk Sumatra Utara, CV Indako Trading Company juga mengadakan aksi peduli korban bencana Sinabung dengan membagikan  masker gratis dan mengirim bantuan bahan kebutuhan pokok ke posko pengungsi di Jambur Sempakata Kabanjahe, Posko gedung DPRD Tanah Karo-Kabanjahe. Bantuan serupa juga diberikan ke posko pengungsian lain, seperti Posko GBKP Payung, Posko Mesjid Payung, Posko Gudang Jeruk Surbakti, Posko GPDI Dokum Siroga Simpang 4 , dan lainnya.

Indako mengirimkan 40 sukarelawan untuk membantu korban sinabung selama 2 bulan mulai 10 Desember 2013 sampai akhir bulan Februari 2014. "Honda juga menggalang simpati bertema Satu Hati utk Sinabung, dengan menyumbangkan Rp10.000 untuk setiap penjualan 1 unit sepeda motor dalam periode 15 Februari - 15 Maret 2014," tutup Wedijanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.