Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tunda Produksi CBR300R Tanpa Alasan

Kompas.com - 14/02/2014, 14:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

London, KompasOtomotif – Produksi sepeda motor sport entry level CBR300R delay alias tertunda. Laman asal Inggris, visordown melansir (13/2/2014) bahwa Honda Inggris mengumumkan penundaan tersebut tanpa alasan yang pasti. Tak tanggung, mundurnya sampai 9 bulan, dijadwalkan baru mulai meluncur akhir 2014 dari target semula Maret ini.

Informasi itu berdasarkan keterangan narasumber Honda di Inggris, dan dia menyebut alasan pasti akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan. Dugaan sementara, penundaan ini bisa jadi karena basis produksi utama dunia untuk CBR250R dan CBR300R di Thailand sedang terganggu karena situasi politik.

Meski beda region, terganggunya pabrik Thailand sedikit banyak berpengaruh pada kegiatan produksi di negara lain, bisa jadi karena pasokan komponen yang belum maksimal. Tentu, penundaan ini cukup disayangkan karena di Eropa, antusiasme untuk menyambut datangnya model ini cukup besar.

CBR300R di Eropa akan menggantikan CBR250R, dengan menaikkan kapasitas silinder menjadi 286cc. Mesin secara teknis sama, hanya versi 300cc punya stroke piston yang lebih panjang, ECU yang disetel ulang, dan penggunaan balancer yang lebih berat untuk mengurangi getaran.

Honda mengklaim versi 300cc ini lebih irit dan mampu menempuh jarak lebih jauh dengan bahan bakar penuh. ABS akan menjadi peranti standar untuk semakin menggoda konsumen, sekaligus menjadi peranti wajib untuk sepeda motor di Eropa di atas 250cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com