Ferrari Resmi Pamerkan Mesin F1 2014

Kompas.com - 31/12/2013, 15:45 WIB
Mesin Ferrari F1 2014 AutoguideMesin Ferrari F1 2014
|
EditorAris F. Harvenda
Maranello, KompasOtomotif — Ferrari sedikit membeberkan teknologi mesin F1 terbaru untuk musim 2014. Tenaganya dikatakan mencapai 608 PS dan bisa "digeber" sampai 15.000 rpm.

Regulasi teknis baru membuat semua peserta balapan F1 kini tidak lagi memakai mesin V8 2,4 liter naturally aspirated seperti musim lalu, tetapi wajib menggunakan mesin V6 turbocharger dengan kapasitas mesin tidak lebih dari 1,6 liter, plus satu sistem regenerasi energi built-in. Bahan bakar kini dibatasi 100 liter per seri, membuat fokus pengembangan teknologi ke arah efisiensi.

"Sangat sulit dari semua sisi. Sistem elektronik dan manajemennya juga sangat kompleks. Ini adalah kemajuan besar. Tantangannya adalah mengatur seluruh sistem, dan itu sangat sulit," beber Kepala Pengembangan Mesin Ferrari Luca Marmorini.

Sesuai kebutuhan, Ferrari mengatakan bahwa mesin terbaru ini menggunakan dua mode regenerasi energi yang berbeda. Dengan demikian, penghematan bahan bakar bisa maksimal, tetapi bertenaga optimal. "Bersama turbocharger, ada mesin listrik yang berperan sebagai generator, menciptakan energi baru dari gas pembuangan," urai Luca Marmorini.

Regenerasi energi yang kedua masih menggunakan sistem lama yang sudah dipakai sampai musim lalu, memanfaatkan energi dari pengereman. Bila digabungkan, semua sistem regenerasi energi memberi tambahan tenaga 162 PS, yang bisa digunakan selama 30 detik setiap putaran sirkuit, lebih besar dari mesin musim lalu.

Namun dijelaskan lebih lanjut, Ferrari sendiri masih meragukan soal daya tahan. Ini karena peraturan terbaru juga menyatakan bahwa setiap pebalap hanya boleh menggunakan lima mesin selama satu musim. Jumlah tersebut hampir setengah kuota musim kemarin. Artinya, mesin baru harus bisa bertahan lebih lama. 

Berikut video penjelasan mesin Ferrari F1 2014. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber autoguide
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X