Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Siapkan Duet Rossi-Alonso

Kompas.com - 27/12/2013, 11:27 WIB
Aris F. Harvenda

Penulis

Maranello, KompasOtomotif - Kabar Ferrari kembali terjun ke ajang Le Mans makin santer terdengar. Peraturan baru balap ketahanan yang dikeluarkan ACO, menurut Antonello Coletta, Kepala Program Balap Ferrari, sangat memungkinkan merek berlogo Kuda Jingkrak tersebut ikut di kelas bergengsi, LMP1. Hal tersebut merupakan kelanjutan dari statementyang sempat dikumandangkan Stefano Domenicali, bos tim F1 Scuderia dan juga Presiden Ferrari, Luca di Montezemolo.

Perkembangan terbaru kini melangkah pada rumor pebalap yang akan berada di balik kemudi. Konon kabarnya, Valentino Rossi dan Fernando Alonso disiapkan untuk menjadi "joki" di musim 2015 dan 2016. Berita tersebut muncul dari penuturan Mark Webber, mantan pebalap F1 Red Bull Racing, lewat twitter seperti dilansir Autoblog, Kamis (26/12/2013).

Senjata Ampuh
Bisa jadi keduanya akan berduet bersama, atau salah satu di antaranya akan berduet bersama Marc Gene, test driver Ferrari, yang pernah juara Le Mans menggunakan Peugeot pada 2009. Apapun pilihannya, duet di antara ketiga pebalap tersebut bakal jadi senjata ampuh berdasarkan pengalaman masing-masing.

Kemungkinan paling besar saat ini tertuju pada Rossi, juara MotoGP 7 kali tersebut punya kesempatan besar bakal menunggangi LMP1. Alasan pertama perihal kabar hengkangnya "The Doctor" jika tidak kompetitif di MotoGP 2014. Ditambah lagi beberapa kali pebalap asal Italia itu kerap menjajal jet darat Ferrari dan juga ikut balap Blancpain Endurance Series menggunakan 458 Italia GT3 musim lalu.

Siapapun yang mengisi "kursi panas" tersebut bakal mengibarkan kembali bendera Ferrari di ajang balap ketahanan paling bergengsi di dunia. Kuda Jingkrak punya sejarah panjang dan termasuk tim yang disegani. Pernah meraih 9 kali juara dunia sejak ikut pertama kali di 1960. Kemenangan pertama diraih pada 1965 oleh Masten Gregory dan Jochen Rindt. Setelah itu ada beberapa nama yang ikut mengharumkan nama Ferrari di Le Mans, seperti Jacky Ickx, Brian Redman, Arturo Merzario, Carlos Reutemann, Carlos Pace dan Tim Schenken. Debutnya berakhir pada 1974, namun tetap berkecimpung di Le Mans dan bermain di kelas GT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com