Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Helm Motor Sendiri di Rumah


JAKARTA, KOMPAS.com – Mencuci helm menjadi salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh pemilik mobil agar helm tetap nyaman digunakan.

Akan tetapi pengguna motor tetap perlu berhati-hati, jika salah langkah saat mencuci helm bisa merusak komponen helm secara permanen.

Mencuci helm secara mandiri bisa dengan melepas bagian-bagian dalam helm dan mencucinya satu persatu, atau merendam seluruh bagian helm dengan air.

Sebelum melepas bagian-bagian dalam helm yang berupa busa atau bantalan, pengguna motor harus memahami terlebih dahulu, apakah komponen helm tersebut bisa dibongkar-pasang atau tidak. 

"Biasanya begini, dibuka saja dulu bagian dalamnya. Tapi saran dari saya, diteliti dulu cara membukanya. Jangan main asal buka aja, nanti pasangnya nggak bisa," kata Ahmad, pegiat Komunitas Belajar Helm kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Untuk merendam helm, Ahmad menyarankan pengendara motor untuk menggunakan pembersih cair ketimbang pembersih bubuk.

"Sabunnya sebisa mungkin cair ya. Kalau bubuk itu kan larutnya susah, lama. Sabun cair bisa langsung larut. Jadi biar simpel aja," kata Ahmad.

Bagian dalam helm juga tidak perlu digosok menggunakan sikat atau benda-benda lain. Hal tersebut dapat berpotensi merusak bahan kain di bagian dalam helm karena terbuat dari serat kain yang mudah terurai jika digosok terlalu keras.

"Saat sudah direndam, diusap-usap pakai jari tangan gitu, nggak usah pakai sikat, udah turun kotorannya," kata Ahmad.

Hal yang paling penting adalah, helm yang dicuci harus dikeringkan hingga benar-benar kering agar tidak lembab dan berjamur.

Cara mengeringkan helm juga beragam dan terbilang mudah, misalnya dengan menghadapkan helm ke blower atau kipas angin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/26/202100615/cara-mencuci-helm-motor-sendiri-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke