Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari Korsleting, Begini Cara Aman Cuci Bagian Mesin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mencuci mobil secara mandiri di rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama saat Anda membersihkan bagian mesin.

Pasalnya, jika salah langkah akibatnya fatal, karena dapat menyebabkan korslet hingga rusak.

Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha mengatakan, pemilik mobil harus ekstra hati-hati saat mencuci ruang mesin.

“Mencuci ruang mesin harusnya tidak menjadi masalah, tetapi lebih baik dilakukan oleh jasa cuci mobil yang memang sudah berpengalaman. Karena sebagian rangkaian kelistrikan ada di ruang mesin,” ujar Sapta, kepada Kompas.com belum lama ini.

Sapta menambahkan, potensi debu di ruang mesin memang tidak bisa dihindari. Apalagi mobil digunakan untuk harian, ada banyak serpihan debu yang bisa terbawa masuk.

Jika memang ingin membersihkan, Sapta menyarankan agar tidak langsung menyiram ruang mesin dengan air.

“Dilap saja menggunakan kain penyerap air,” kata dia.

Sementara itu, Christopher Sebastian, CEO Makko Group mengatakan, membersihkan mesin mobil bisa dengan lap microfiber yang dibasahi air. Bisa juga menggunakan kuas agar celah kecil bisa tetap bersih.

“Lebih baik lagi jika menggunakan cairan khusus pembersih mesin. Lalu diakhiri dengan dilap menggunakan kain microfiber,” ucap Christopher.

“Kalau tetap dibuat basah, maka mesin bisa menjadi rusak. Apalagi mesin dengan ECU, ini yang kita hindari kalau sampai terkena air, dia akan error,” lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/31/104200915/hindari-korsleting-begini-cara-aman-cuci-bagian-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke