Salin Artikel

Cara Cek Motor Sendiri Sebelum Hubungi Bengkel Resmi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lewat aplikasi My Yamaha Motor, Yamaha menyebut konsumen akan mendapat kemudahan dalam melakukan perawatan sepeda motor.

Fitur-fitur yang disajikan yaitu informasi servis dan garansi, pesan dan pengingat servis, informasi diler, riwayat servis motor serta informasi produk, event dan promo.

Selain itu, konsumen tidak perlu khawatir jika motor mengalami masalah bisa mencari diler resmi Yamaha dengan logo SKY (Service Kunjung Yamaha), maka akan langsung didatangi teknisi.

Meski demikian, Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY), mengatakan, ada baiknya sebelum memanggil mekanik konsumen periksa sendiri motornya dengan teliti.

”Kali ini kami memberikan cara pemeriksaan motor yang bisa dilakukan konsumen sebelum meminta bantuan teknisi dari jaringan resmi Yamaha,” ungkap Johannes dalam rilis resmi, Kamis (12/8/2021).

Tak lupa, konsumen juga mendokumentasikan melalui foto atau video. Kemudian sampaikan hasil pemeriksaan tersebut kepada petugas diler resmi yang akan dihubungi.

"Dengan adanya informasi pemeriksaan sederhana tersebut sangat membantu teknisi dalam penyelesaian problem lebih cepat, tepat, dan akurat," katanya.

Pemeriksaan sederhana yang dapat dilakukan sebelum menghubungi diler:

1.Cek fungsi main switch / kunci kontak

Periksa kunci kontak apakah dapat berfungsi dengan baik sebagai penyambung atau pemutus arus kelistrikan.

2. Cek fungsi starter

Periksa fungsi starter dengan menekan tombol starting, jika motor sulit dinyalakan, atau tidak bisa menyala sama sekali berarti ada masalah. Hal berikut adalah penyebab sepeda motor Anda sulit hidup yaitu kelistrikan, pengapian, bahan bakar dan kompresi.

3. Cek kondisi putaran mesin sepeda motor

Jika sepeda motor dapat menyala, panaskan sepeda motor selama 5 menit, kemudian cek kondisi putaran mesin apakah normal seperti biasanya atau tidak.

Jika putaran mesin dirasa tinggi, rendah, atau tersendat-sendat berarti ada masalah di sistem injeksinya. Biasanya kerusakan dapat terlihat pada indikator kerusakan (indikator warna orange) pada speedometer, indikator tersebut akan berkedip atau menyala.

4. Cek lampu penerangan dan sinyal pada kendaraaan

Perhatikan kondisi lampu penerangan, cek fungsi lampu dekat dan jauh. Fungsi sinyal juga penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan fitur keamanan dan keselamatan berkendara seperti lampu sein dan lampu rem harus dalam kondisi yang baik.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/12/184100915/cara-cek-motor-sendiri-sebelum-hubungi-bengkel-resmi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.