Salin Artikel

Salah Kaprah Bodi Crumple Zone, Padahal Ini Fungsinya

JAKARTA, KOMPAS.com – Bodi mobil zaman sekarang kerap mengalami kerusakan yang terlihat berat saat mengalami kecelakaan. Biasanya hal ini terjadi pada mobil-mobil di segmen Low MPV ataupun yang lebih murah seperti LCGC.

Hal ini pula yang memunculkan anggapan bahwa bodi mobil murah mirip bahan kaleng yang gampang rusak ketika mengalami tabrakan.

Padahal rusaknya bodi mobil saat tabrakan merupakan fungsi crumple zone yang berjalan sebagaimana mestinya.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, mengatakan, ada bagian mobil yang dirancang untuk menyerap benturan pada saat terjadinya tabrakan.

“Bagian depan dan belakang mobil adalah bagian yang rawan benturan dan paling sering penyok,” ujar Didi, kepada kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurutnya, pada bagian tersebutlah sebetulnya sebuah bodi mobil dirancang dengan sistem keselamatan dari risiko fatal saat terjadinya benturan, atau yang biasa disebut dengan crumple zone.

Singkatnya, bodi mobil yang rusak parah itu menyerap energi tabrakan sehingga tidak berimbas terlalu parah pada struktur dalam bodi.

Meski begitu, Didi juga mengingatkan, apabila kendaraan berjalan pada kecepatan tinggi, maka fungsi crumple zone tidak akan cukup meredam kecelakaan.

“Sebab, jika kecepatan over, mau safety zone sekuat apapun pasti efeknya akan parah,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/28/181200015/salah-kaprah-bodi-crumple-zone-padahal-ini-fungsinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.