Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Ini Penyebab Dinamo Starter Mobil Mengalami Kerusakan

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan starter jadi proses penting untuk menghidupkan mesin mobil agar dapat bekerja. Dibutuhkan dinamo starter sebagai salah satu komponennya.

Dinamo starter memutar gigi flywheel dengan mengubah energi listrik dari aki menjadi energi gerak. Bisa dikatakan dinamo starter menjadi pemutar mesin untuk pertama kali saat mesin dihidupkan.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor menjelaskan bahwa umumnya jarang terjadi kerusakan pada dinamo starter mobil. Bisa dikatakan dinamo starter memiliki usia pakai yang panjang.

"Biasanya dinamo starter itu awet, jarang rusak," kata Didi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/5/2021).

Meski diklaim awet, jika pemilik mobil memperlakukan mobilnya dengan sembarangan, bukan tidak mungkin dinamo starter bisa mengalami kerusakan.

"Biasanya kalau mesin tidak hidup dan stater terus difungsikan, lama-lama bisa terbakar dinamonya," ungkap Didi.

Terlalu memaksa kerja dinamo padahal mesin tidak mau menyala akan membuat starter dinamo rusak. Ini karena membuat dinamo menjadi panas. Kondisi dinamo yang panas berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya.

Jika mesin tidak mau menyala, beri jeda waktu beberapa menit sampai dinamo dingin, baru kemudian coba starter kembali.

Selain itu, Didi juga mengatakan untuk rutin mengecek kondisi komponen carbon brush pada dinamo. Jika sudah hampir habis, segera ganti. 

Terakhir, dilansir dari Auto2000, rutin pula untuk mengecek kondisi aki mobil. Jika daya pada aki sudah lemah, jangan memaksakan untuk men-starter mobil ketika sudah tahu bahwa daya pada aki lemah. Tindakan ini juga bisa memicu kerusakan pada dinamo.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/07/171200815/kenali-ini-penyebab-dinamo-starter-mobil-mengalami-kerusakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke