Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pindad Maung Lebih Tangguh Melahap Medan Ekstrem ketimbang Pikap 4x4

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum diperkenalkan, rupanya kendaraan taktis (rantis) terbaru PT Pindad (Persero) Maung sudah menjalani rangkaian pengujian internal. Salah satunya terkait kemampuan melahap medan ekstrem.

Tidak tanggung-tanggung, menurut Vice President Inovasi PT Pindad Windhu Paramarta, pengetesan Maung di medan bebatuan besar yang sebelumnya menjadi lokasi pengetesan untuk alutsista Anoa dan Komodo.

"Paling ekstrem, kita coba Maung lewati batu-batuan besar yang secara medan itu sebenarnya untuk menguji kendaraan kami yang lebih besar, seperti Komodo dan Anoa. Jadi bisa kebayang seperti apa dan nanti videonya akan kami rilis," ucap Windhu kepada Kompas.com, Kamis (23/7/2020).

Menurut Windhu, dalam proses pengujian tersebut, Maung sukses menunjukkan kemampuannya melahap medan yang tak mungkin dilalui kendaraan 4x4 biasa, tanpa kendala apa pun.

"Kami memang peruntukan kendaraan ini untuk mengangkut personel dari satu titik ke titik lain dalam kondisi berbagai medan, baik on-road maupun off-road yang ekstrem. Ini pun sudah menjadi prosedur standar yang dilakukan oleh dislitbang militer," ucap Windhu.

"Nah, kalau ada orang yang tanya atau bilang Maung ini hanya seperti double cabin yang cuma ganti baju, kita bisa lakukan tes bareng di medan yang sama dan lihat sendiri kemampuannya," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/25/110200615/pindad-maung-lebih-tangguh-melahap-medan-ekstrem-ketimbang-pikap-4x4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke